Sejarah Musik Eropa Cina Kuno 2000 SM (Perkembangan Seni Musik Eropa)

Sejarah Musik Eropa Cina Kuno 2000 SM (Perkembangan Seni Musik Eropa) - Terdapat beberapa sejarah musik Eropa diantaranya seperti Sejarah Musik Eropa dan Sejarah Musik Eropa Mesir Kuno. Sedangkan bangsa Cina sendiri memiliki sejarah dan telah meyakini bahwa seni musik sangat berhubungan erat dengan agama serta pemerintahan. 

Filsuf Cina Konfuce juga telah menyatakan bahwa "Bila kamu ingin mengetahui apakah sebuah negara mempunyai pemerintahan dan adat istiadat yang baik lihatlah pada karya seni musiknya".

Sedangkan kaisar Cung (2300 SM) memerintahkan Quci yang terkenal sebagai musikus ulung pada masa pemerintahanya "Didik anak bangsawan agar mereka menjadi adil, halus budi pekerti, bijaksana, tanpa kecongkakan, dan tanpa menghina orang agar mereka dapat kedudukan derajatnya. Ajaran itu harus kau ungkapkan dalam bentuk syair yang dapat dinyanyikan dengan lagu sesuai artin syairnya, penuh kesederhanaan alamiah, karena lagu yang penuh kecongkakan, kekosongan, dan kelemahan adalah tak berguna".

Dari pernyataan tersebut adalah akan pentingnya musik bagi kalangan generasi muda bukan?

Karena seringnya bangsa Cina yang suka menjelajah ke seluruh dunia serta menjalin hubungan diplomatik dan kebudayaan, sehingga seni musik Cina berkembang serta mempengaruhi seni musik diberbagai wilayah yang negara disekitarnya.

Sejarah Musik Eropa Cina Kuno 2000 SM (Perkembangan Seni Musik Eropa)

Seiring  perkembangan seni musik pada kemudian hari seperti alat - alat musik sejenis gong, dapat juga ditemui di negara ASEAN seperti halnya negara - negara Malaysia, Thailand, Brunei, Filipina dan Indonesia. Seni musik Cina Kuno juga telah mengenal sistem tangga nada. Tangga nada pada awalnya hanya lima nada dan tanpa menggunakan nada E dan B. Baca Musik Cina.

Tangga nada lama tersebut adalah :

F G A C D

Perkembangan musik memang terus sesuai dengan zamanya, dari lima nada tersebut dikembangkan lagi menjadi tujuh nada dengan menambahkan nada E dan B dan nada tersebut dikenal dengan tangga nada baru, yaitu :

F G A B C D E

Lagu kuno yang dikenal oleh para kalangan pelaut Cina pada waktu itu adalah "Lagu Dayung" yang dibawakan secara bersahut - sahutan nahkoda dengan kelasi.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel