Alat Musik Tradisional Rapai Aceh

Alat Musik Tradisional Rapai Aceh - Alat musik Rapai ini juga alat musik yang berasal dari Aceh dan merupakan salah satu alat musik tradisional daerah Aceh yang cara memainkanya dengan dipukul.

Berdasarkan sejarahnya alat musik Rapai ini berasal dari Bahdad Irak dan di bawa ke Aceh melalui seorang penyiar agama Islam pada waktu itu. Penyiar agama Islam ini bernama Syeh Rapi. Sejarah ini menurut Z.H Idris.

Berdasarkan penyajianya rapai ini secara musikalnya digunakan untuk mengatur tempo serta tingkatan irama dengan alat musik Serunee Kalee dan buloh Perindu. Alat ini dimainkan oleh beberapa orang di antara 8 hingga 12 orang pemain atau yang disebut dengan awak rapai.

Alat Musik Tradisional Rapai Aceh

Alat musik rapai ini digunakan untuk kebutuhan hajatan seperti upacara perkawinan, mengiringi tari tradisional likok pulo dan juga untuk memperingati hari besar tertentu. Alat musik ini juga dapat dimainkan secara tunggal atau kelompok yang dipadukan dengan peralatan musik lainya.

Bentuk dan ukuran rapai ini terdiri dari :

Rapai Pasee (rapai gantung)
Rapai Daboih
Rapai Geurimpheng (rapai macam)
Rapai Pulot
Rapai Anak/tingkah
Rapai kisah

Rapai ini juga berbentuk seperti tempayan yang dengan berbagai ukuran. Pada bagian atas rapai ditutup kulit sedangkan pada bagian bawah kosong.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel