Tari Likok Pulo Aceh Asal - Usul Dan Fungsinya

Tari Likok Pulo Aceh Asal - Usul Dan Fungsinya - Tari Likok Pulo dari berdasarkan Asal - Usulnya tari ini diciptakan sekitar tahun 1849 oleh seorang Ulama yang berasal dari Arab. Ulama ini ini hanyut dan terdampar di pulau aceh atau disebut pulau Beras. Tari Likok Pulo Termasuk tari tradisional Aceh. 

Tari ini biasanya disajikan pada upacara adat setelah dan sesudah menanam padi yang dipertunjukan pada malam hari dan hingga sampai pagi hari dengan gerak tarian yang bahu membahu, berbanjar dan duduk bersimpuh.

Arti dari tari likok pulo ini diartikan oleh masyarakat Aceh Likok yang berarti gerak dan Pulo berarti Pulau dengan maksud Pulau aceh yang terletak di ujung Utara Pulau Sumatera atau Pulau Breuh. Selain itu dikisahkan bahwa nama tari ini berdasarkan gerak tari yang likok - likok.

Berdasarkan dari sajian tari Likok Pulo dengan seorang pemain utama yang disebut Syeh terdapat ditengah pemain. Dan disisi kanan dan kiri terdapat dua seorang pemain rapai dan belakang Syeh. Disebelah kanan dan kiri disebut apit atau pengapit.

Tari Likok Pulo Aceh Asal - Usul Dan Fungsinya

Gerakan Tari Likok Pulo ini adalah gerakan tubuh seperti ketrampilan, gerak kedepan, kesamping kanan dan kiri dan juga keseragaman serta kesetaraan dan gerakan tangan ke depan dengan bersama - sama, ke atas, dari depan kebelakang dan melingkar dengan tempo lambat hingga cepat dan penari berjumlah ganjil.

Kesenian tradisional Likok Pulo ini eksis di Kecamatan Peukan Bada, Kampung Ulee Paya Kabupaten Aceh Besar, Pulau beras Selatan yang terletak sekitar 30 mil jarak dari pelabuhan Ulee Lheue. Baca Tarian Landok Alon Aceh.

Fungsi dari tarian Likok Pulo Aceh antara lain 

Olah tubuh, mengasah ketrampilan dengan konsentrasi yang cukup dan sebagai menunjukan sifat kegotongroyongan. Selain itu tari ini juga digunakan untuk memperkuat kesabaran serta ketangkasan. 

Demikian kesenian Tari Likok Pulo Aceh Asal - Usul Dan Fungsinya. Dapatkan ulasan seputar jenis kesenian  lainya yang berasal dari Aceh dan ulasan seputar seni budaya tradisional Indonesia dan modern beserta makna dan nilai- nilai yang terkandung pada karya seni budaya mancanegara dengan mengakses Senibudayasia. 

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel