Mengenal Alat Musik Tifa Alat Musik Tradisional Papua Dan Maluku

Mengenal Alat Musik Tifa Alat Musik Tradisional Papua Dan Maluku - Tifa adalah alat musik yang berasal dari Indonesia bagian timur tepatnya di daerah Papua dan Maluku. Alat musik tifa ini adalah alat musik perkusi yang tidak bernada dan terbuat dari kayu dan terkenal pada masyarakat Papua serta Maluku.

Berdasarkan asal - usulnya alat musik tifa belum diketahui secara pasti. Alat musik ini telah ada sejak zaman dahulu. Pada upacara tertentu alat musik tifa ini sering digunakan untuk iringan. Alat musik tifa juga sering digunakan pada adat Papua dan Maluku.

Berdasarkan bentuk alatnya alat musik ini berbentuk tabung dan pada bagian tengah dilubangi. Pada bagian sisi alat musik ini ditutup dengan kulit yang dikeringkan. Sedangkan pada bagian kayu alat musik ini diukir dengan motif khas Papua.

Bentuk Tifa antara pulau Papua dan Maluku terdapat perbedaan pada bentuknya. Bentuk alat musik Tifa daerah Papua pada bagian tengahnya melengkung dan terdapat pegangan pada bagian tengah. Sedangkan tifa daerah Maluku juga berbentuk tabung juga memiliki pegangan. Terdapat beberapa jenis alat musik tifa antara lain : Tifa Jekir, Tifa Potong dan Tifa dasar serta Tifa bas. Perbedaan dari jenis tifa ini adalah warna suara dan ketika dimainkan disesuaikan suaranya.


Berdasarkan cara memainkan Alat musik Tifa ini adalah dengan menggunakan alat musik pukul dan juga dimainkan dengan tangan. Secara musikal alat musik tifa ini berfungsi sebagai pengatur irama.

Fungsi alat musik tifa ini memiliki fungsi sama dengan alat musik daerah lainya, seperti untuk upacara adat dan juga pengiring tari tradisional Sajojo dan tradisional Papua lainya. Tifa adalah Jenis musik dalam tarian tradisional sangat mempengaruhi gerak serta penampilan tari.

Perkembangan alat musik tifa dalam berbagai pertunjukanya terdapat berbagai variasi dan mulai dikenal bukan hanya papua dan Maluku saja melainkan masyarakat luas di Indonesia.

Demikian ulasan seputar karya seni daerah Mengenal Alat Musik Tifa Alat Musik Tradisional Papua Dan Maluku. Dapatkan ulasan terkait dengan karya seni budaya tradisional dan modern dengan mengakses Senibudayasia.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel