Tari Cakalele Maluku Utara Fungsi Dan Pertunjukan

Tari Cakalele Maluku Utara Fungsi Dan Pertunjukan - Tari Cakalele adalah salah satu tarian tradisional daerah Maluku Utara. Tarian ini biasanya ditarikan oleh penari pria dan juga penari wanita. Tarian ini terkenal di daerah Maluku dan ditampilkan untuk upacara hiburan seperti berbagai acara budaya pariwisata, internasional dan tingkat nasional.

Berdasarkan sejarahnya tari Cakalele ini merupakan tradisi Maluku Utara. Tari ini digunakan untuk perang prajurit sebelum dan sesudah dari medan perang. Tarian ini sebagai upacara adat di Maluku.

Karena pengaruh kerajaan kala itu, tari Cakalele ini meluas ke daerah dan dikenal sebagai tari Maluku Tengah serta wilayah Sulawesi Utara. Sedangkan di Minahasa Cakalele dikenal melalui tarian mereka yaitu tari Kabasaran.

Fungsi sosial tari ini merupakan tarian perang dan ditampilkan diberbagai pertunjukan perayaan adat untuk masyarakat di Maluku. Tari ini sebagai wujud apresiasi penghormatan terhadap leluhur yang tangguh dan pemberani yang tercermin pada ekspresi tari Cakelele.

Pertunjukan tari ini dibawakan penari pria dan wanita sebagai pendukungnya. Properti tari ini menggunakan pedang dan juga tameng. Lenso bahasa Maluku yang berarti sapu tangan untuk penari wanita. Pemimpin tari ini disebut Kapitan seorang yang menggunakan tombak.

Tari Cakalele Maluku Utara Fungsi Dan Pertunjukan
    Gerakan penari ini khas dengan genderang musik pengiring, dan gerakan wanita dan penari berbeda. Gerakan lincah didominasi penari pria dengan propertinya dan gerakan kaki berjingkrak. Gerakan wanita dengan gerakan tangan di ayun ke depan serta gerakan kaki dengan iringan musik pengiring.

    Iringan yang digunakan untuk iringan tari Cakalele dengan alat musik Tifa, gong dan juga bia atau kerang yang ditiup. Irama yang digunakan dengan tempo cepat seperti genderang jaman dulu. Gerakan penari juga disesuaikan dengan musik pengiring.

    Kostum tari yang digunakan adalah Tari cakalele. Pakaian yang digunakan dengan pakaian warna merah dan juga kuning tua dengan senjata parang, tombak dan salawaku. Selain itu, penari juga menggunakan pakaian adat berwarna putih dan juga kain panjang dan juga sapu atau lenso sebagai properti.

    Demikian seni Tari Cakalele Maluku Utara Fungsi Dan Pertunjukan. Dapatkan ulasan jenis kesenian daerah yang berasal dari Maluku dan jenis ragam kesenian daerah tradisional Indonesia juga seni budaya mancanegara dengan mengakses Senibudayasia. 

    Semoga bermanfaat.

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel