Tari Pasambahan Tarian Tradisional Minangkabau Sumatera Barat Dan Eksistensinya

Tari Pasambahan Tarian Tradisional Minangkabau Sumatera Barat Dan Eksistensinya- Sumatera Barat memiliki banyak ragam tarian diantaranya adalah tarian Pasambahan dengan berbagai makna yang terdapat pada elemen pada tari tradisional Pasambahan ini yang diciptakan pada jaman dahulu kala. Bila diperhatikan tari jaman dahulu jarang sekali yang menggunakan iringan.

Sebagai warisan dari yang terdahulu tari Pasambahan ini memiliki gerakan - gerakan yang lebih sederhana dan dikembangkan menjadi gerakan tari yang ada pada jaman sekarang ini. Jadi, tari yang ada pada jaman sekarang ini merupakan pembaharuan dari gerakan yang sudah ada sebelumnya.

Fungsi tari di daerah Sumatera Barat ini juga sama dengan daerah atau suku lain. Fungsi tari ini biasanya digunakan dalam upacara khusus selain untuk hajatan juga ditampilkan untuk upacara keagamaan, penyambutan tamu atau upacara khusus lainya.

Tarian yang ditampilkan dalam upacara tersebut juga beragam diantaranya adalah tari Pasambahan. Berdasarkan gerak tari antara tari satu dengan lainya juga berbeda begitu juga makna tarianya.

Tari Pasambahan Tarian Tradisional Minangkabau Sumatera Barat Dan Eksistensinya

Sebagai wujud untuk melestarikan tari pasambahan tari ini diajarkan kepada para generasi penerus mereka dengan mendirikan sanggar tari dan kepada anak didik mereka, sehingga tarian ini masih tetap eksis hingga sekarang.

Tari Pasambahan ketika untuk menyambut tamu ditampilkan dengan memberikan atau memayungi tamu yang datang sebagai rasa hormat dan kemudian dilanjutkan dengan suguhan daun sirih dalam carano kepada tamu, sedangkan untuk upacara pernikahan suguhan daun sirih ini diberikan kepada mempelai pria dan sebagai wakil rombongan dan daun sirih juga diberikan kepada orang tuan mempelai.

Musik Iringan Tari Pasambahan 


Lagu - lagi serta kata - kata dilantunkan sebagai wujud ucapan selamat datang. Alat musik iringan tari tradisional Pasambahan adalah alat musik tradisional minang seperti talempong pacik, sarunai, gendang tambui, bansi, dan tassa.

Demikian ulasan Tari Pasambahan Tarian Tradisional Minangkabau Sumatera Barat Dan Eksistensinya. Dapatkan pula ulasan seni budaya daerah lainya yang beraal dari Sumatera barat dan berbagai jenis karya seni budaya lainya yang berada di daerah Indonesia dan mancanegara dengan berbagai nilai keindahan, keunikan juga nilai - nilai budaya yang terkandung dengan mengakses Senibudayasia. 

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel