Mengenal Kerajinan Tangan Minangkabau Sumatera Barat

Mengenal Kerajinan Tangan Minangkabau Sumatera Barat - Sumatera barat merupakan daerah penghasil karya seni selain alat - alat musik dan tari tradisional ada juga hasil karya seni yang menjadi ciri khas Sumatera Barat. Anyaman berupa warna kain dengan motif rumit dan cerah daerah Sumatera barat merupakan hasil dari tangan - tangan terampil orang Minangkabau dan telah terkenal diseluruh Nusantara.

Kain hasil kerajinan daerah Minangkabau ini dikenal dengan kain songket. Dengan menggunakan benang emas dan juga benang perak orang Minangkabau menciptakan sebuah kain songket dan dengan bahan sutra atau katun. Motif yang digunakan untuk menyongket ini adalah motif tumbuhan, pemandangan dan juga benda - benda alam.

Selain songket orang Minangkabau juga terkenal dengan seni bordir yang indah yang merupakan pengaruh dari Cina. Dalam hal ini kita dapat mengambil contoh pakaian pernikahan Minang dengan warna merah serta hitam dan berbahan satin yang identik dengan tradisi Cina.

Mengenal Kerajinan Tangan Minangkabau Sumatera Barat

Banyak wisatawan asing yang berburu kain bordir secara khusus seperti pakaian dan dekorasi pernikahan Minangkabau. Sedangkan souvenir sempurna adalah kain indah berbordir sarong dan selendang ketika  berkunjung ke Sumatera barat.

Selain itu, Minangkabau juga terkenal perak. Ketrampilan khusus dibutuhkan untuk membuat perhiasan Fligree. Kerajinan perak ini berkembang di daerah Bukittinggi. 

Selain itu, juga di daerah Pandai Sikat anda dapat belajar kerajinan Sumatera barat seperti Tenun Songket dan juga ukiran kayu. Pandai Sikat diartikan "Pangrajin Pintar".

Demikian seputar ulasan Mengenal Kerajinan Tangan Minangkabau Sumatera Barat. Dapatkan pula karya seni budaya daerah yang berasal dari Sumatera barat juga ulasan berbagai jenis seni budaya tradisional dan modern yang berkembang di berbagai daerah Indonesia dan mancanegara dengan mengakses Senibudayasia.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel