Kerajinan Tekat Daerah Riau Dan Aneka Ragam Corak Yang Digunakan

Kerajinan Tekat Daerah Riau Dan Aneka Ragam Corak Yang Digunakan - Selain kerajinan tangan anyaman yang terdapat di daerah Riau terdapat juga kerajinan yang dinamai dengan Tekat, kerajinan tangan ini berupa sulaman benang emas dengan motif.

Kerajinan Tekat Daerah Riau Dan Aneka Ragam Corak Yang Digunakan

Proses pembuatan kerajinan tangan dengan dijahit menggunakan pemidangan. Cara pembuatanya menyerupai cara membuat karya seni sulaman. Terdapat berbagai macam jenis corak, apa saja corak kerajinan Tekat memiliki berbagai corak, Corak pada kerajinan Tekat ini antara lain :
  • Corak Bunga. Corak bunga ini mirip dengan corak seperti bunga melati, bunga bakung, bunga hutan, kundur dan juga bunga dari cengkeh, bunga serangkai dan masih banyak lagi.
  • Corak Kuntum. Corak kuntum ini adalah sebuah motif. Motif kuntum yang digunakan pada corak kuntum antara lain: Kuntum serangkai, kuntum kembar, merekah jeruju dan lain - lain.
  • Corak Daun, akar - akaran dan buah. Corak ini digunakan untuk menghiasi motif tetak dengan aneka ragam bentuk daun. Corak buah pada kerajinan Tekat antara lain, anggur, buah delima dan juga pisang - pisangan.
  • Corak hewan ini merupakan corak juga digunakan pada motif tetak.
  • Corak Alam meliputi, wajit - wajit, awan dan gasing - gasing.
Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel