Alat Musik Tradisional Riau Berdasarkan Fungsi Dan Cara Membunyikan

Alat Musik Tradisional Riau Berdasarkan Fungsi Dan Cara Membunyikan - Gambus termasuk alat musik tradisional yang berasal dari Riau. Bentuk alat musik ini seperti gitar yang memiliki lubang resonansi. Cara membunyikan alat ini dengan cara dipetik dengan jumlah dawai 3-12 dawai.

Fungsi Alat musik Gambus

Fungsi alat musik gambus ini digunakan untuk mengiringi lagu melayu atau Timur tengah. Grup gambus ini pada umumnya menggunakan alat musik gambus sebagai alat musik utama. 
Alat Musik Tradisional Riau Berdasarkan Fungsi Dan Cara Membunyikan

Alat musik Gambus ini biasanya dapat digunakan untuk mengiringi tarian tari Zapin. Tari Zapin ini penarinya semaunya pria dan termasuk tari pergaulan. Sedangkan lagu- lagu yang dibawakan berirama Timur Tengah, dengan tema lirik keagamaan. \\

Alat Musik Rebana

Rebana termasuk alat musik perkusi tidak bernada yang terbuat dari kayu yang pada salah satu sisi ditutup dengan kulit kayu yang berbentuk bulat seperti tampak pada gambar yang memiliki berbagai ukuran.

Alat Musik Tradisional Riau Berdasarkan Fungsi Dan Cara Membunyikan

Fungsi alat musik gambus ini digunakan untuk mengiringi tarian rakyat Riau. Berdasarkan sejarahnya alat musik rebana ini telah ada dan dikenal sejak zaman kerajaan Melayu Kuno yang digunakan untuk Upacara pernikahan.

Alat Musik Nafiri

Nafiri alat musik yang yang cara membunyikanya dengan cara di tiup seperti alat musik terompet. Berdasarkan fungsinya alat musik ini digunakan sebagai :
  • Iringan tarian tradisional, tari Jinugroho, Tari Inai dan juga tari Olang.
  • Alat utama dalam ansambel musik robat yang merupakan musik tradisional setempat.
  • Berfungsi sebagai melodi dalam gerakan silat.
  • Untuk penobatan raja Raja Riau ketika masih berbentuk kerajaan.
  • Digunakan sebagai tanda terjadinya bencana, peperangan serta kematian.
  • Alat musik ini juga digunakan sebagai penanda spiritual memanggil dewa, roh dan arwah nenek moyang.
Alat Musik Tradisional Riau Berdasarkan Fungsi Dan Cara Membunyikan


Alat musik ini juga digunakan sebagai alat komunikasi masyarakat Melayu seperti pemberitahuan bencana dan berita kematian.

Marawas Dan gendang

Gendang merupakan alat musik Riau yang digunakan secara musikalnya untuk mengatur irama. Cara membunyikan kedua alat musik ini dengan tangan dan termasuk alat musik perkusi tidak bernada.

Alat Musik Tradisional Riau Berdasarkan Fungsi Dan Cara Membunyikan

Alat musik marwas ini adalah alat musik yang terbuat dari kulit kambing dan cara membunyikanya dengan dipukul. Selain itu, alat ini juga terbuat dari kayu cempedak atau kayu nangka serta rotan sebagai pengikat. Marwas juga salah satu alat musik tradisional untuk mengiringi tari Zapin.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel