Tari Inai Tarian Tradisional Adat Daerah Jambi

Tari Inai Tarian Tradisional Adat Daerah Jambi - Tari Inai adalah tarian tradisional tepatnya di daerah Kuala Jambi desa Teluk Majelis. Tari ini menggunakan pola gerakan silat yang juga merupakan salah satu seni bela diri dalam kebudayaan Melayu.

Inai adalah sebuah seni pertunjukan tari dan musik yang ditampilkan dirumah pengantin wanita dan inai dihantar dari rumah pengantin wanita ke calon pengantin pria yang kemudian diadakan presesi adat tepung tawar.

Tari inai ini khas dalam konteks upacara adat Melayu di Jambi. Pada malam berinai adalah malam tanda untuk melepas lajangnya terakhir kalinya dan digunakan untuk acara berkumpul dengan teman dekat dan keluarga.
Tari Inai Tarian Tradisional Adat Daerah Jambi

    Pada jaman dahulu malam berinai berlangsung selama tiga malam :

    Pada malam pertama disebut dengan inai curi yaitu pada saat teman - teman pengantin memberikan inai1 ketika pengantin tidur sehingga pengantin tidak ketahuan. 

    Pada malam kedua disebut dengan inai kecil para pengantin dihias dan dirias dipelaminan dihadiri oleh para tetangga, sanak keluarga dan para kerabat untuk tepungtawari kemudian ditampilkan tarian Melayu dan dilanjutkan dengan inai besar dan dipasang kuku jari tangan serta kaki yang dilakukan satu malam dan kemudian keesokan pagi dilakukan akad nikah. 

    Pertunjukan tari inai terdiri dari gerakan pembuka, isi dan penutup dan pola lantai yang bebas dan bervariatif. Iringan alat musik yang digunakan antara lain akordion yang berfungsi melodi secara heterofoni dan juga serunai, biola dan gendang ronggeng yang membawa rentak atau tempo musik. Patam - patam adalah sebutan lagu dan rentak yang digunakan.

    Tarian ini ditampilkan adalah untuk menjaga mempelai wanita dari gangguan supranatural sehingga tari ini adalah untuk ritual. Selain itu juga dapat digunakan sebagai hiburan, ungkapan estetik serta ekonomis. Gerakan tari Inai adalah kombinasi gerakan hewan atau kejadian alam sehingga menyerupai gerakan silat.

    Busana tari Inai menggunakan busana adat Melayu yang berupa penutup kepala atau peci, baju- baju Gunting Cina atau baju Kecak Musang serta celana panjang longgar. Busana lainya adalah kain sarung songket yang terikat dipinggang berbentuk segitiga atau sejajar tepat diatas lutut.

    Semoga bermanfaat.

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel