Macam - Macam Tari Tradisional Daerah Halmahera Maluku Utara

Macam - Macam Tari Tradisional Daerah Halmahera Maluku Utara - Tari tradisional di Indonesia berjumlah sangat banyak. Tari tradisional ini tercipta sejak lama dan dilestarikan hingga sekarang ini. Pada umumnya tari tradisional yang berada di Halmahera memiliki fungsi sosial yang hampir sama dari setiap daerah yang terdapat di Indonesia. 

Berikut ini kita kenal tari yang terdapat di daerah Maluku utara yang memiliki keunikan tersendiri dari setiap tarinya. Tari yang terdapat di Halmahera Utara adalah sebagai berikut :
  • Tarian TideTide
Tarian ini memiliki fungsi sosial di daerah Halmahera utara, yaitu untuk pesta rakyat dan juga untuk perkawinan adat. Gerakan tari ini memiliki makna yang bisa diartikan  oleh masyarakat Halmahera, yaitu sebuah bahasa pergaulan dan biasanya disebut dengan tari pergaulan. Tari ini ditampilkan oleh 12 orang penari dengan iringan alat musik tifa, gong dan juga biola. 

  • Tari Dengedenge
Tari ini ini juga salah satu tari pergaulan yang ditarikan oleh kelompok wanita dan pria. Iringan tari ini adalah nyanyian yang berupa syair atau pantun dan bermakna cinta atau sebuah harapan di masa depan. Tarian ini juga tidak jarang dengan diakhiri sebuah pernikahan dari sebuah kesepakatan antara pria dan wanita. Iringan yang berupa nyanyian Dengedenge ini dibawakan secara saling berbalasan.

Anda Kira Tahu Tari Tradisional Daerah Halmahera Maluku Utara: Ini Sumber Hebat Yang Anda Butuhkan

    • Tari Gumatere
    Tari ini ditampilkan guna untuk meminta petunjuk tentang suatu persoalan atau fenomena alam yang terjadi. Tampilan tari sejumlah 30 orang pria dan wanita. properti penari pria menggunakan tombak dan pedang, sedangkan penari wanita menggunakan lenso. Para penari tari ini dengan menggunakan kain hitam, nyiru dan lilin yang digunakan untuk ritual minta petunjuk suatu kejadian. Tari Gumatere ini adalah tarian tradisional rakyat Morotai Maluku utara. 

    • Tari Lelehe 
    Tari ini juga dibawakan oleh anak - anak maupun dewasa. Properti para penari dengan dua alat yang terbuat dari bambu berukuran 2-3 meter yang dibawakan penari pria dan wanita. Tarian ini dipertunjukan untuk acara adat suku Tobelo serta malam perkawinan dan acara pentas budaya.

    Semoga bermanfaat.

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel