Kain Karawo Industri Kreatif Gorontalo

Kain Karawo Industri Kreatif Gorontalo - Kain karawo adalah kain khas daerah Gorontalo yang cara pembuatanya dengan disulam pada benang polos atau benang emas yang berwarna. Proses yang dilakukan pada pembuatan kain karawo ini dengan cara mengiris serta mencabut benang melalui serat kain. Kesenian daerah Gorontalo yang dikenal seperti Tari Polopalo, Tari Dana - Dana, Alat musik tradisional Gorontalo dan sebagainya.

Pembuatan kain karawo ini dengan cara disulam dengan menggunakan tangan, sehingga memakan waktu lama. Rentang waktu pembuatan kain ini hampir dua minggu jadi dan diperlukan imajinasi tinggi serta sulit dan tetap memiliki identitas kedaerahan. Baca Motif Kain Tenun Bentenan Etnis Minahasa.

Kain Karawo Industri Kreatif Gorontalo kerajinan tangan gorontalo

Pembuatan kain karawo juga diperlukan banyak tenaga dan minimal tiga orang dengan tugas membuat pola serta menggambar diatas kertas grafik, kedua pengiris pengurai benang pada kain untuk disulam dengan pola yang diinginkan. Ketiga adalah penyulam kain yang telah diurai benangnya. 

Kain karawo ini juga sering ditampilkan dalam festival dengan menggunakan baju karawo. Selain itu juga parade menyulam, lomba motif karawo dan juga lomba foto karawo. Baca Mengenal Ragam Seni Budaya Minahasa Sulawesi Utara.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel