Songkok Bone Atau Songkok Recca Kerajinan Sulawesi Selatan

Songkok Bone Atau Songkok Recca' Kerajinan Sulawesi Selatan - Berikut ini adalah Songkok To Bone salah satu kerajinan tangan Sulawesi Selatan. Selain Songkok Bone kerajinan ini juga disebut Songkok Recca. Bahan yang digunakan untuk membuat kerajinan tangan ini adalah pelepah daun lontar. 

Berdasarkan sejarahnya kerajinan Songkok To Bone ini diciptakan pada tahun 1683 ketika perang terjadi antara Bone dan Tanah Toraja, dan Untuk membedakan dengan pasukan tator pasukan Bone menggunakan Songkok Recca. Baca Ragam Kesenian Tradisional Daerah Sulawesi Selatan.

Songkok Bone Atau Songkok Recca' Kerajinan Sulawesi Selatan

Sedangkan pada zaman pemerintahan A. Mappayuki seorang raja Bone ke-31 kerajinan ini dibuat dengan pinggiran emas atau pamiring Pulaweng sebagai petunjuk strata pemakainya.

Seiring dengan perkembangan zaman Kerajinan tangan Songkok Recca dapat digunakan siapapun. Sekarang kerajinan ini menjadi lahan bisnis yang menguntungkan dan digunakan untuk menunjang ekonomi daerah Bone Sulawesi Selatan. Baca Fungsi Dan Makna Motif Ukiran Toraja Sulawesi Selatan.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel