Ikon Patung Ayam Jantan Dari Timur

Ikon Patung Ayam Jantan Dari Timur - Selain patung Ayam Jantan, Makassar memiliki ikon lain yang juga berupa patung. Patung lain yang menjadi ikon Makassar ini terletak di Kabupaten Maros dan dalam kawasan Taman Nasional Bantimurung. Patung tersebut berupa patung monyet dan gerbang kupu- kupu. 

Patung monyet dan kupu - kupu menjadi ikon sebagai lambang Monyet liar yang masih dijumpai dan berkeliaran dan kupu - kupu sebuah penangkaran khusus dengan jumlah spesies paling banyak di dunia. Baca Songkok Bone Atau Songkok Recca' Kerajinan Sulawesi Selatan.

  • Patung Sultan Hasanuddin
Dari beberapa patung yang berada di Makassar terdapat patung yang paling besar di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar dan menjadi kebanggaan masyarakat Sulawesi Selatan. Patung ini merupakan hasil karya Nyoman Nuarta. 

  • Patung Arung Palakka
Patung Palakka merupakan sosok kontroversial dan memiliki makna tersendiri bagi masyarakat Bone. Arung Palakka ini berdasarkan sejarahnya dianggap pemberontak dan kerjasama dengan Belanda dalam mengalahkan kerajaan Gowa di bawah kekuasaan Sultan Hasanuddin. 

Arung Palakka terletak di Taman Bunga di jalan Merdeka. Patung ini sangat akrab dengan orang- orang Bone. Selain itu patung ini dipercaya memiliki kisah mistis. 

Ikon Patung Ayam Jantan Dari Timur

  • Patung Lakipadada
Patung ini merupakan ini merupakan salah satu keturunan kerajaan Tallu Bocco dengan legenda yang panjang. Patung ini juga dipercaya memiliki kisah dan dipercaya oleh Orang Toraja. Cerita rakyat melegenda tentang keseriusan Lakipadada mencari mustika "tang mate" dan dijadikan ikon. Patung ini terletak di tengah kota Makale.
  • Patung Cinta Sejati Habibie Ainun
Berikut ini adalah patung ikon daerah Makassar yang terdapat di kota Parepare. Patung ini terbuat dari perunggu dan diresmikan oleh BJ Habibie. Kisah cinta mantan presiden RI BJ Habibie ini yang mengilhami patung ini dijadikan ikon. 

  • Patung Badik
Patung ini merupakan ikon dengan gaya arsitektur Eropa dan bangunan istana telah dibangun miniatur Saoraja, sedangkan di depan istana terdapat Monumen Perjuangan Rakyat Luwu yang berupa patung tangan dengan memegang badik seperti pada gambar. 

  • Patung Korban Westerling
Patung ini terdapat di monumen Korban Westerling sebanyak 40. 000 jiwa yang terletak di Jalan Langgau Makassar. Monumen ini sebuah penghargaan kepada para korban kekejaman kapten Raymond Paul Piere Westerling dalam sebuah penumpasan pemberontak. 

  • Patung Kuda
Patung ini merupakan patung yang menjadi ikon terbesar yang berupa patung kuda di Kabupaten Jeneponto. Patung ini dikenal dengan hewan kuda dengan jumlah yang banyak. Patung ini sebuah simbol di Kabupaten Jeneponto. Patung ini terletak di tengah kota  dan memiliki simbol di Jeneponto. Patung ini disebut kuda Gantala oleh orang Jeneponto yang memiliki makna yang luas bagi masyarakat Makassar. Baca Songkok Bone Atau Songkok Recca' Kerajinan Sulawesi Selatan.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel