Tari Tradisional Tandak Daerah Riau dan Makna Yang Terkandung

Tari Tradisional Tandak Daerah Riau dan Makna Yang Terkandung - Tari Tandak adalah salah satu tarian tradisional yang berasal dari Kepulauan Riau yang ditampilkan oleh para pria dan wanita dengan busana khas Melayu. Tarian ini sangat terkenal di daerah Riau.

Berdasarkan sejarahnya tari daerah Riau ini digunakan sebagai media untuk mengenal para pemuda dan pemudi masyarakat Riau. Banyak para pengikut sari tari tandak yang akhirnya berjodoh atau pasangan hidup. Tari ini juga sebagai ungkapan kegembiraan.

Setiap tahunya tari ini ditampilkan pada bulan Juli hingga oktober ketika petani selesai panen dan di tampilkan pada malam hari yang dikepalai pimpinan tari atau Kepala Ngejang dan kini tari itu jarang lagi di tampilkan.

Tari Tradisional Tandak Daerah Riau & Makna Yang Terkandung

Tampilan tari ini secara berpasangan yaitu oleh para penari pria dan wanita. Jumlah penari 4 pasang dan diiringi dengan musik pengiring. Gerakan tari ini dinamis dan didominasi oleh gerakan tangan dan kaki yang lincah. Gerakan tari ini juga seperti pencak silat dan gerakan khas gaya melayu yang mengandun makna khusus dari setiap gerakanya. 

Iringan tari tandak ini menggunakan alat musik tradisional Riau seperti kordeon, rebana dan juga musik tradisional Riau. Selain itu juga diiringi lantunan syair dengan irama melayu, sedangkan gerakan tari tandak disesuaikan dengan musik yang dimainkan. 

Busana tari tandak dengan baju berlengan panjang dan celana panjang Peci atau penutup kepala dan kain dipinggang serta sarung bagi penari pria. Sedangkan wanita  menggunakan kain panjang  bagian bawah dan busana kebaya. Aksesoris tari adalah gelang, kalung, hiasan kepala dan pernak pernik hiasan lainya.

Demikian busana, gerakan tari dan jeni seni Tari Tradisional Tandak Daerah Riau dan Makna Yang Terkandung. Dapatkan ulasan seputar jenis kesenian yang berasal dari Riau dan berbagai ulasan seni budaya daerah baik tradisional maupun modern beserta makna dan nilai budaya yang terkandung juga ulasan seputar seni budaya Indonesia dan mancanegara dengan mengakses Senibudayasia. 

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel