Fakta Tari Lambak Joged Dangkung Yang Banyak Belum Diketahui

Fakta Tari Lambak Joged Dangkung Yang Banyak Belum Diketahui - Tari Joget Lambak ini juga disebut dengan Joget Dangkung sebuah kesenian tari tradisional daerah yang berasal dari Kepulauan Riau. Nama tarian Joged dangkung berasal dari bunyi - bunyian yang berasal dari alat musik Daerah Riau pengiring tarian.

Alat musik yang digunakan untuk mengiringi tarian ini adalah gendang berbunyi "dang" dan gong yang berbunyi "gung".Tari ini telah dikenal sejak abad ke 17 kesenian yang memadukan unsur tari, nyanyian dan juga musik. 

Kesenian tari dengan iringan musik telah tersebar diberbagai daerah seperti daerah Mantang, Moro, Tembeling, Batam dan Pulau Panjang. Adapun lagu yang dimainkan adalah Dondang Sayang, Betabik, Tanjung katung, Serampang Lau,Tandak Udang gantung, Gunung Banang, Johor siput kelapa, Tanjung Balai, Jambu Merah dan Gule batu. 

Tarian dibagi menjadi beberapa tahapan diantaranya adalah tari pembuka atau betabik, tari rancak serta tari lembut dan tari penutup. Jumlah pemain ini terdiri dari 4 hingga 8 penari serta seorang penyanyi. Terdapat perubahan tampilan pada awalnya penari juga menari kini jarang ditemukan orang menari sambil menyanyi. 

Fakta Tari Lambak Joged Dangkung Yang Banyak Belum Diketahui

Awalnya tarian ini ditampilkan untuk keperluan hajatan dan pada malam hari seperti upacara perkawinan atau khitanan. Kini tari ini juga digunakan untuk menyambut tamu Kehormatan. Dulu tari ini digunakan untuk memperingati hari besar tapi kini sudah tidak ada lagi dengan pertunjukan keliling.

Alat musik yang digunakan untuk tarian ini adalah gong, biola dan juga gendang atau tambur. Busana tari yang digunakan kebaya pendek serta bawahan sarung dan kain batik. Baca Alat musik tradisional Riau.

Urutan Pementasan

Melakukan pemberitahuan kepada penunggu setempat yang dipercayai oleh warga setempat yang berupa makhluk halus agar pertunjukan sebagaimana mestinya tahap atau babak ini sering disebut dengan buka tanah.

Selanjutnya adalah tarian selamat datang atau tarian bertabik yang berupa lantunan lagu dan dilanjutkan lantunan lagu Dondang Sayang dan lagu permintaan penandak berjudul Tanjung katung, dan berukutnya adalah lantunan lagu penutup berjudul Cik Cilik.

Demikian ulasan gerakan tari, jenis tari, urutan sajian Tari Lambak Joged Dangkung. Dapatkan ulasan ragam kesenian daerah yang berasal dari Riau dan berbagai jenis kesenian yang terdapat diberbagai daerah Indonesia dan ulasan seni budaya mancanegara dengan mengakses Senibudayasia. 
Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel