Ragam Jenis Alat Musik Etnis Sulawesi Tengah

Ragam Jenis Alat Musik Etnis Sulawesi Tengah - Sulawesi Tengah dengan ragam etnisnya terdapat juga ragam kebudayaan yang berasal dari Provinsi Sulawesi Tengah yang tetap tumbuh dan berkembang secara harmonis dalam masyarakat. 

Selain kerajinan tangan dan seni tari tradisional Sulawesi Tengah juga memiliki jenis kesenian alat musik yang berasal dari berbagai ragam etnis Sulawesi Tengah. Berikut ini adalah ragam alat musik tradisional yang terdapat di Sulawesi Tengah.

Tutuba 
Tutuba merupakan alat musik yang berasal dari Sulawesi Tengah dan merupakan alat musik khas suku To Wana. Alat musik ini ini memiliki dawai yang terbuat dari bambu. 

Suku Wana atau To Wana adalah ini terdapat di pedalaman Kabupaten Luwuk Banggai Sulawesi Tengah. Suku To Wana terdapat di kawasan Wana Bulang wilayah Kabupaten Morowali yang berada dikecamatan Mamosilato, Petasia dan Soyojaya. 

Suku Tau Taa Wana adalah sebutan suku wana yang berarti orang yang tinggal di hutan. Mereka sendiri lebih suka disebut dan menyebut diri mereka sebagai Tau Taa atau orang Taa". 

Tatali
Alat musik Tatali adalah musik tiup sejenis suling seperti halnya Tutuba. Alat musik ini adalah alat musik tradisional khas suku To Wana yang terdapat di Sulawesi Tengah. Bentuk alat musik ini sekitar 50 cm dengan diameter 2cm dengan tiga lubang dan tiga nada. Alat musik ini cara membunyikanya dengan cara di tiup.

Ragam Jenis Alat Musik Etnis Sulawesi Tengah

Geso- Geso
Alat musik geso adalah alat musik gesek dan merupakan alat musik khas suku To Wana. Alat musik serupa juga terdapat didaerah Toraja yang disebut Saluputti. 

Alat musik ini terbuat dari tempurung kelapa dan diberi dawai. Cara membunyikan alat musik ini dengan cara digesek dengan menggunakan bilah bambu dan tali dengan suara yang khas. Nada yang dihasilkan sesuai dengan tekanan jari pemain pada dawai. 

Alat Musik Popondo
Poponda adalah alat musik khas Sulawesi tengah dan disebut Talindo atau Popondi di daerah Sulsel. Alat musik ini sejenis sitar, alat musik ini terbuat dari kayu dan juga tempurung kelapa. Tempurung kelapa berfungsi sebagai resonator. Alat musik ini dimainkan oleh para petani setelah merayakan pesta panen. 

Popondi adalah sebutan daerah Makassar, sedangkan Tolindo sebutan daerah Bugis. 

Pare'e
Alat musik ini digunakan untuk alat hiburan pada waktu senggang dan dapat digunakan sebagai perkenalan serta pergaulan antar anggota kelompok masyarakat. 

Cara memainkan alat musik pare'e ini dengan cara berdiri atau duduk. Alat musik ini termasuk alat musik perkusi yang cara membunyikanya dengan dipukul dengan telapak tangan. Alat musik tersebut terbuat dari buluh tui dan rotan. 

Lalove
Alat musik Lalove khas Sulawesi tengah terbuat dari bambu mirip seruling bambu. Berdasarkan kepercayaan adat daerah setempat alat musik tersebut tidak sembarangan boleh ditiup karena akan kerasukan bila mendengar suara alat musik lalove. Alat ini untuk iringan tarian Balia dan sebagai penyembuhan suku Kaili di Sulawesi tengah. 

Santu
Alat musik santu tergolong kedalam alat musik Idio-kodofon, alat musik sejenis sitar. Bentuk alat musik ini pada bagian bambu terdapat kulit ari terbentuk empat dan ditengah badan dibuat lubang resonator. Cara membunyikan alat ini dengan cara dipetik dan ditampilkan dalam acara pesta panen.

Semoga bermanfaat. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel