Asal - Usul Alat Musik Garantung Suku Dayak Berbagai Versi

Asal - Usul Alat Musik Garantung Suku Dayak Berbagai Versi - Kalimantan yang terdiri berbagai suku Dayak selain melalui karya seni kerajinan yang terkenal berupa seni kerajinan anyaman Suku Dayak juga memiliki alat musik tradisional. 

Garantung alat musik sejenis gong merupakan alat musik yang paling dikenal Suku Daya dan paling banyak digunakan. Menurut Bahasa Ngaju adalah untuk menyebut alat musik sejenis gong tersebut. Bahasa Ngaju adalah bahasa masyarakat Suku Dayak Ngaju. Tetapi mereka selain garantung juga menyebut gong atau agung.

Garantung ini berdasarkan sumber bunyinya termasuk salah satu alat musik tradisional idiophone. Alat musik ini terbuat dari bahan campuran sejenis logam, kuningan atau perunggu. Cara membunyikan alat ini dengan cara di pukul.

Asal - Usul Alat Musik Garantung Suku Dayak Berbagai Versi

Berdasarkan sejarah dan cerita masyarakat suku Dayak alat musik Garantung masuk ke Kalimantan dibawa oleh para pedagang yang berasal dari tanah Jawa, khususnya daerah Kalimantan tengah melalui pedagang Kalimantan dan Kerajaan Majapahit. 

Selain itu terdapat versi sejarah lain tentang alat musik garantung masuk ke Kalimantan melalui pedagang asal Yunan Cina, India dan Melayu pada saat itu berpengaruh terhadap perkembangan kehidupan masyarakat suku Dayak.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel