Corak Motif Dan Ragam Hias Kain Tenun Pagatan

Corak Motif Dan Ragam Hias Kain Tenun Pagatan - Selain kain tenun Sasirangan Kalimantan Selatan juga ada juga kain tenun tradisional lain yang disebut dengan kain tenun Pagatan. Kain tenun pagatan ini tentu berbeda dengan kain tenun sasirangan mulai dari pembuatan dan motif kain.

Motif kain dari Kota Pagatan di Kabupaten Tanah bumbu ini terdapat berbagai macam jenis motif,diantaranya adalah motif Sobbe Sumelang, motif Bebbe, sobbe are, panji atau Passulu. Seni Ornamen Pagatan motif sobbe are dibuat dengan tembus sebelah dalam, sedangkan motif sobbe sumelang hanya disisipkan pada bagian muka. 

Berdasarkan sejarahnya kain suku Bugis Pagatan ini telah ada sejak abad ke 18 yang berasal dari Sulawesi. Para perajin kain ini adalah suku bugis dan kain ini dipakai oleh kalangan Bangsawan suku Bugis. 

Kain Pagatan ini sama dengan aslinya dari Sulawesi Selatan seperti cara mengerjakan, motif hiasan dan juga peralatan menenun, tetapi para pengrajin Pagatan tetap mengacu dengan pola dasar daerah mereka.

Corak Motif Dan Ragam Hias Kain Tenun Pagatan

Proses pembuatan tenun Pagatan ini secara manual dan memiliki nilai ekonomis tinggi karena memerlukan proses yang rumit. Sedangkan jenis kerajinan tangan yang terbuat dari kain murah berupa kotak perhiasan, dompet, bros dan sebagainya. 

Motif hiasan Pagatan ini juga mengacu pada ragam hias yang bermotif alam benda dan ragam sesuai dengan kreatifitas pembuatnya, misalnya naga hendak memegang matahari, naga hendak menelan bulan dan ragam hias cap kron sebuah lambang kerajaan Belanda. 

Pada zaman dahulu kain tenun Pagatan juga untuk keperluan kaum pria dan kini dipakai juga untuk kaum wanita. Kain Pagatan juga digunakan untuk kain kain panjang, babat atau stagen, rok, pakaian tari dan sebagainya.

Semoga bermanfaat. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel