Kain Tenun Khas Etnis Minahasa Sulawesi Utara

Kain Tenun Khas Etnis Minahasa Sulawesi Utara - Kain Bentenan adalah hasil kerajinan tenun etnis Minahasa. Kain tenun yang dihasilkan oleh masyarakat Minahasa melalui sejarah panjang. Pada upacara adat Minahasa tenunan ini menyertai. Kerajinan tenun Bentenan ini telah ada sejak adanya kebudayaan Minahasa. 

Kain tenun yang diciptakan oleh masyarakat Minahasa mengandung makna tersendiri seperti prinsip hidup masyarakat Minahasa ketika itu. Kain bentenan tidak hanya sekedar pakaian Upacara atau keperluan ritual lain.

Kain Tenun Khas Etnis Minahasa Sulawesi Utara

Kesakralan kain tenun Bentenan ini biasanya digunakan oleh pemimpin upacara Walian dan Tonaas. Selain itu kain bentenan juga digunakan untuk ikat pinggang yang dipercaya sangat ampuh mematahkan serangan lawan dan orang yang menggunakan kain ini kebal terhadap senjata. 

Berdasarkan sejarahnya dulu pembuatan kain tenun Bentenan ini penenun menyanyikan lagu Ruata sebagai permohonan Kepada Yang Maha Kuasa untuk membantu proses tenun, sehingga pembuatan ini dianggap sakral. Baca Jenis Dan Ragam Motif Kain Tenun Bentenan Etnis Minahasa.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel