Ragam Jenis Dan Kegunaan Alat Musik Tradisional Adat Kalimantan Selatan

Ragam Jenis Dan Kegunaan Alat Musik Adat Tradisional Kalimantan Selatan - Selain alat musik kintung Kalimantan selatan juga terdapat beragam alat musik yang unik mulai dari cara bentuk dan cara membunyikan. Berikut ini jenis alat musik yang terdapat di Kalimantan Selatan.

Kalang Kupak
Alat musik ini terbuat dari bambu tamiang. Alat musik ini terdiri dari delapan ruas dan dipotong setengahnya dan berbentuk meruncing pada bagian ujung yang disatukan dengan serat rotan dan menyerupai calung. 

Alat ini berfungsi sebagai melodi dan dimainkan dengan ensembel agung atau gong, lumba, gendang, babun atau gendang dan kecapi untuk upacara adat Balian dan untuk iringan tarian seperti Gintor. Alat musik ini ini terdapat di Suku Bukit. Salung adalah bahasa yang digunakan untuk menyebut suku Dayak Maanyan dan menghibur petani di ladang. 

Alat Musik Panting
Alat ini sejenis Gambus Arab dan berukuran kecil. A.Sarbini adalah tokoh terkenal pemain Panting. Alat ini adalah alat musik tradisional Kalimantan selatan dan terdapat di suku Banjar. 

Ragam Jenis Dan Kegunaan Alat Musik Tradisional Adat Kalimantan Selatan

Alat Kurung 
Alat ini terdapat di Balangan Kalsel. Alat ini terbuat dari bambu yang menghasilkan bunyi ketika dihentak ke tanah dan mengeluarkan bunyi berbeda satu dengan yang dengan irama sesuai yang dikehendaki. 

Alat ini biasanya ditampilkan ketika upacara adat atau perkimpoian serta kenduri serta menyambut tamu. Kini keberadaan alat musik kurung hampir punah. 

Alat Musik Bumbung
Alat ini terbuat dari bambu "bumbung lamang" atau beras ketan yang dibakar dalam bumbu. Alat ini terdiri dari tujuh nada. Alat ini terdiri dari dua ruas bambu dan dapat ditemui di Hulu Sungai Tengah Desa Barikin.

Alat Musik Kuridin atau Guriding
Adalah alat musik tradisional Kalsel terbuat dari Bambu. Nama Kuridin adalah nama yang diberikan penduduk Hulu Sungai tengah Desa Harakit Tapin. Sedangkan di Bakupai Kabupaten Barito Kuala disebut Guriding. 

Alat Musik Kalampat
Khusus untuk masyarakat dari Hulu Sungai tengah alat ini berasal. Bentuk alat ini gendang berkepala tunggal. Badan Gendang ini terbuat dari bambu berdiameter besar. Cara membunyikanya dengan cara dipukul dari rotan. Alat ini dimainkan dengan alat musik seperti babalian dan agung atau gong. 

Sarunai Banjar
Alat ini cara membunyikanya dengan ditiup, Sarunai adalah bahasa Persia. Surna berasal dari Bahasa Arab dan Sahnai dari Bahasa India. Alat ini terbuat dari bambu dan digunakan untuk iringan pertunjukan pencak silat dan untuk upacara adat. 

Terbang Mahidin
Mahidin adalah ensembel yang dipertunjukan di Kalimantan Selatan menggunakan alat musik terbang. Mahiding sendiri adalah pertunjukan karya sastra lisan dan memiliki fungsi estetis. 

Sedangkan alat musik terbang adalah alat musik yang berbentuk bulat dan cara memainkanya dengan dipukul. Alat ini tergolong dalam alat musik perkusi tidak bernada. 

Gamelan banjar
Alat ini telah ada sejak abad ke 14 dan dibawa oleh Pangeran Suryanata ke Kalsel dengan kesenian wayang kulit Banjar  serta senjata keris karena pada masa itu Kalsel cenderung meniru budaya Jawa. 

Gamelan Banjar terdiri dari dua versi gamelan Banjar, yaitu Gamelan keraton dan Gamelan banjar kerakyatan. 

Gamelan Banjar versi keraton, perangkat instrumennya : babun, gendang dua, rebab, gambang, selentem, ketuk, dawu, sarun 1, sarun 2, sarun 3, seruling, kanung, kangsi, gong besar, gong kecil. 
Gamelan Banjar versi rakyatan, perangkat instrumennya : babun, dawu, sarun, sarantam, kanung, kangsi, gong besar, gong kecil.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel