Keunikan Ragam Jenis Alat Musik Tradisional NTB

Keunikan Ragam Jenis Alat Musik Tradisional NTB - Nusa Tenggara Barat terdapat beberapa suku etnis antara lain suku Bima, Suku Sasak, Dompu dan Suku Bali. Suku - suku tersebut memiliki kesenian tersendiri dan ciri khasnya. Berikut ini adalah alat - alat musik tradisional yang terdapat di NTB. 

Alat Musik Serunai Pareret
Alat ini sejenis terompet dengan jumlah lubang nadanya bervariasi tetapi pada umumnya terdiri dari tujuh jumlah lubang. Nada - nada yang dihasilkanya berfungsi sebagai melodi dan cara membunyikanya dengan cara ditiup. Alat ini berasal dari Budaya Bali dan dikenal oleh budaya Lombok Barat dalam Kultur Hindu. Sedangkan Bali Sendiri jarang ditemukan instrumen ini. 

Alat ini termasuk alat musik tradisional NTB dan ditampilkan dalam upacara keagamaan Hindu. Alat ini boleh dan tidaknya dimainkan terdapat kepercayaan spiritual.

Alat Musik Satong Srek 
Alat ini berupa lempengan seng yang terdapat pada bagian atas batang bambu. Satong Srek adalah alat musik sejenis perkusi dan terbuat dari batang bambu. Pada bagian permukaan lempengan seng dilubangi kecil- kecil sehingga kasar. 

Pada bagian bambu kering dilubangi untuk resonator. alat Satong Srek ini dibunyikan dengan cara dipukul dan berfungsi untuk mengiringi tarian khas seperti ari badede, tari syier male, tari nguri, ngumang rame, dan tarian bulan kasandung.

Keunikan Ragam Jenis Alat Musik Tradisional NTB
Alat Musik Genggong
Genggong terdapat hampir disemua suku di Indonesia. alat ini sejenis harpa dan cara membunyikanya dengan ditiup dan dengan gerakan tali. Genggong khas NTB terbagi menjadi dua gengging lanang menghasilkan nada tinggi dibanding dengan genggong wadah. 

Cara pembuatan genggong kepercayaan masyarakat NTB diperlukan sesaji pinang, sirih, beras, benang dan uang kepeng yang merupakan warisan kepercayaan etnis Hindu. Pembuatan alat ini juga dilakukan pada hari Jumat untuk menghasilkan nada yang baik dan selain hari jumat dipercaya membawa kesialan. 

Alat Musik Gula Gending
Alat musik ini berdasarkan sejarahnya pada jaman dahulu digunakan untuk iringan musik suku Sasak berjualan gula Kapas atau arumanis. Alat ini berupa susunan seng yang cara membunyikanya dipukul yang ketika itu dapat menarik anak - anak untuk membeli jajanan khas NTB. 

Alat Musik Palompong Atau Cungklik
Alat ini adalah alat musik khas Sumbawa yang terbuat dari bilah kayu dan disusun pada kerangka kayu. Permainan alat musik ini menghasilkan nada ritmik dan cara membunyikanya dengan dipukul. Alat musik ini termasuk alat musik silofon. 

Perkembangan alat musik Palompong ini kini ditampilkan untuk iringan orkestra Gong Genang atau orkestra pengiring tarian dengan ritme cepat. alat musik ini dikenal dengan nama Cungklik oleh masyarakat Lombok. 

Alat Musik Sarone
Alat ini terbuat dari bambu dan daun lontar sejenis klarinet. Sedangkan pada bagian bambu untuk lubang nada dan dengan gulungan daun lontar pada bagian ujung untuk mengeraskan bunyi yang dihasilkan. Alat musik ini terdiri dai enam lubang dan satu lubang dengan arah berlawanan sebagai corong. 

Alat ini oleh Suku Sumba dipercaya dapat digunakan sebagai media pengobatan orang sakit yang terkena gangguan roh halus, dan sebelum dimainkan orang yang sakut terlebih dulu di asapi dengan kemenyan. 

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel