Pertunjukan Tari Pingan Tarian Tradisional Kalimantan Barat

Pertunjukan Tari Pingan Tarian Tradisional Kalimantan Barat - Tari Pingan adalah pertunjukan tari tradisional di Kalimantan Barat. Pingan berarti piring dalam bahasa Dayak Mualang yang terbuat dari batu atau tanah liat. Tari ini berupa hiburan dengan menggunakan piring sebagai atribut dalam menari.
Pada awalnya tarian ini adalah ditampilkan untuk menghibur masyarakat tradisional seperti pernikahan, gawai dan lain sebagainya. Pertunjukan tari ini cenderung atraktif dengan menggunakan piring sebagai atribut.

Gerakan tarian Pingan ini mengadopsi gerakan silat tradisional dan atribut piring yang dipadukan dengan gerakan seni tari.

Pertunjukan Tari Pingan Tarian Tradisional Kalimantan Barat

Tarian Pingan ini terbagi menjadi dua jenis yaitu Tari pingan inok atau wanita dan Tari Pingan laki atau laki - laki. Pada gerakan atraksinya jenis tarian pingan ini memiliki perbedaan gerakan dengan tingkat kesulitan yang berbeda. Tingkat kesulitan gerakan penari pria lebih sulit dibanding dengan gerakan penari wanita. 

Pertunjukan tari ini juga meriah dengan bunyi - bunyian yang dihasilkan melalui cincin yang dipakai pada jari penari yang bersentuhan dengan piring. Bunyi tersebut saling mengisi dengan iringan tebah. Tebah adalah alat musik tradisional yang terdiri dari entebong atau gendang panjang, tawag dan tincin timah peningkak.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel