Tari Wadian Amun Rahu Tarian Gelang Besar Suku Dayak

Tari Wadian Amun Rahu Tarian Gelang Besar Suku Dayak - Tari Wadian Amun Rahu adalah tarian sakral tradisional Kalimantan Tengah. Tarian ini hampir sama dengan tari balean dadas sebagai sarana ritual kepada Tuhan dan juga untuk upacara ritual penyembuhan orang sakit. Tarian ini adalah sebagai rasa syukur kepada Tuhan dari hasil panen.

Berdasarkan sejarahnya tarian ini berawal dari tarian tradisional suku Dayak Kalimantan Tengah dengan ciri tarinya yang sakral dan magis serta religius. 

Tari ini ditampilkan oleh para penari perempuan dengan ciri tarian menggunakan aksesoris gelang besar ditangan mereka yang selalu beradu dan mengeluarkan bunyi - bunyian sehingga tari ini juga terkesan meriah. 

Tari Wadian Amun Rahu Tarian Gelang Besar Suku Dayak

Wadian berarti basir atau pemimpin ritual keagamaan dan sejenis tabib atau dukun. Tarian ini kini berkembang di daerah sungai Barito. Sedangkan busana yang digunakan dengan menggunakan warna merah dan putih yang melambangkan kekuatan Maha pencipta. Tarian ini kini ditampilkan untuk keperluan penyambutan tamu dan fungsi sosial lainya.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel