Tari Balean Dadas Tarian Ritual Tradisional Suku Dayak

Tari Balean Dadas Tarian Ritual Tradisional Suku Dayak - Tari Balean Dadas sebuah pertunjukan tarian tradisional Kalimantan Tengah. Balean Dadas adalah untuk menyebut dukun perempuan masyarakat Dayak. Tari ini untuk adalah sebagai sarana untuk meminta kesembuhan kepada Ranying Hatala langit atau Tuhan dan bernuansa mistis.

Tari ini kini menjadi tarian kebudayaan masyarakat Dayak yang terdapat di Kalimantan Tengah dan menjadi kebudayaan asli Dayak. Tarian balean Dadas hingga kini masih dilakukan oleh masyarakat suku pedalaman Dayak.

Gerakan tarian ini adalah sebuah simbol permohonan kepada Tuhan agar diberikan kesembuhan kepada mereka yang sakit. Sedangkan atribut yang digunakan tarian ini antara lain balanai, lilin dan damar.

Tari Balean Dadas Tarian Ritual Tradisional Suku Dayak

Busana tari yang dipakai oleh penari Balean dada berbagai warna dan corak diantaranya corak, merah, kuning, putih, hitam dan hijau sebuah warna khas suku Dayak. Sedangkan aksesoris lainya adalah kaling taring, janur dan gelang. 

Perkembangan tari ini kini ditampilkan dalam berbagai keperluan seperti penyambutan tamu, peresmian dan festival budaya. Tarian ini kini juga telah dikreasi dari bentuk aslinya dan tidak bernuansa mistis. Kini sebagai perwujudan pelestarian tarian ini didirikan beberapa sanggar tari.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel