Simbol Ornamen Ukir Suku Dayak Ngaju Pulau Kalimantan

Simbol Ornamen Ukir Suku Dayak Ngaju Pulau Kalimantan - Kalimantan adalah Pulau yang memiliki banyak kesenian yang unik. Selain seni pertunjukan tari juga kerajinan anyaman dan seni yang mungkin masih banyak belum diketahui. Hal tersebut karena Pulau Kalimantan terdiri dari berbagai suku - suku Pedalaman yang terkenal unik. Baca Ragam Pertunjukan Tari Dayak Benuaq Dan Dayak Kenyah Kalimantan Timur.

Batang Garing atau Pohon Kehidupan
Pohon batang garing ini adalah melambangkan Tuhan dayak ngaju "Raying Hatala Langit" atau Tuhan Yang Maha Esa. Seni Ornamen tersebut berbentuk tombak dan merujuk keatas, pohon yang berbuah berlian dan permata, berdaun emas yang bernama batang garing tingang lambang pohon kehidupan atau Bungking Sangalang. 

Makna dan arti simbol batang garing adalah kekayaan alam dan manusia yang berasal dari Tuhan. Selain indah maknanya arti simbol batang garing, dayak ngaju senang dengan simbol tersebut. 

Simbol Ornamen Ukir Suku Dayak Ngaju Pulau Kalimantan
Talawang 
Talawang terbuat dari kayu ulin dan merupakan sebuah perisai atau tameng yang diukir sedemikian rupa sehingga memiliki nilai estetis. Talawang ini juga dipercaya mampu membangkitkan semangat dan kuat orang yang menyandangnya. 

Motif ukiran talawang antara lain burung tingang serta motif ukiran kamang. Kamang dipercaya roh leluhur suku Dayak. Motif Talawang ini juga menjadi motif batik karena motif ornamen talawang dapat membangkitkan semangat dan kekuatan.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel