Tari Dinggu Pertunjukan Tari Tradisional Sulawesi Tenggara

Tari Dinggu Pertunjukan Tari Tradisional Sulawesi Tenggara  - Berikut ini adalah Tari Dinggu yang merupakan tarian tradisional Sulawesi Tenggara. Tari ini ditampilkan oleh pria dan wanita mengungkapkan kegembiraan musim panen padi pada masyarakat Tolaki Sulawesi Tenggara. 

Pertunjukan Tari Dinggu ini berjumlah 10 orang penari pria dan wanita dengan properti alu, tampah dan juga lesung. Kostum tarian tradisional yang dipakai oleh para penari Dinggu adalah kostum para petani. 

Pertunjukan Tari Dinggu ini terdiri dari beberapa babak. Awal tari ini adalah menggambarkan petani membawa padi, menaruh padi dan selanjutnya gerakan tumbuk padi yang diakhiri dengan gerakan Lulo. 

Tari Dinggu Pertunjukan Tari Tradisional Sulawesi Tenggara

Gerakan main alu ini dimainkan oleh penari pria dengan gerakan lincah. Gerakan wanita adalah gerakan menumbuk padi dan melakukan Lulo dan penari wanita mengimbangi gerakan pria. 

Berdasarkan sejarahnya Tari ini setelah panen padi dilakukan selanjutnya diadakan Modinggu atau gerakan menumbuk padi secara bersamaan. Makna Tari dinggu ini adalah kegotong - royongan masyarakat Tolaki.

Iringan yang digunakan Tari Dinggu adalah alat musik tradisional seperti kecapi, gitar kecapi khas Sulawesi Selatan. Tempo tari ini dimainkan dengan tempo cepat antara alat musik gong dan gitar Kecapi.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel