Tari Pamonte Tari Tradisional Suku Kaili Sulawesi Tengah

Tari Pamonte Tari Tradisional Suku Kaili Sulawesi Tengah - Tari Pamonte merupakan tarian tradisional yang berasal dari Sulawesi tengah yang ditampilkan pada saat musim panen oleh Suku Kaili. Tari ini diciptakan oleh Putra asal Sulawesi Tengah yang bernama Hasan.M. Bahasyua. 

Tari Pamonte merupakan tari tradisional Sulawesi Tengah yang mengekspresikan kegembiraan para wanita pada jaman dahulu ketika menyambut musim panen padi tiba. Kebiasaan tersebut akhirnya diciptakan menjadi sebuah karya seni oleh Tari Pamonte. 

Ucapan rasa syukur dengan gotong royong dan bahu membahu menjadikan suasana semangat dan juga kebersamaan yang diekspresikan melalui hasil karya seni yang indah dan juga suka cita. 

Tarian Pamonte ditampilkan oleh beberapa penari terdiri dari 10 orang penari dan juga seorang pengulu yang disebut dengan Tadulako yang memberikan aba - aba atau pemimpin tari dan juga busana yang khas. 

Tari Pamonte tari tradisional Suku Kaili Sulawesi Tengah

Tarian ini merupakan tarian yang menggambarkan para petani yang sedang beraktivitas pada masa panen padi, seperti gerakan menapis, menumbuk padi dan juga menuai padi. Properti yang digunakan dalam tarian ini adalah dengan menggunakan toru dan juga menggunakan caping. Iringan tari ini menggunakan alat musik khas Sulteng Ngongi, Ganda dan juga syair adat.

Busana yang digunakan tari ini adalah berkesan pakaian petani yang dipadukan dengan gaya tradisional Sulawesi Tengah. Busana yang digunakan adalah baju kebaya bagian atas dan kain sarung donggala pada bagian bawah. Motif baju kebaya warna khas Sulawesi Tengah dan pada bagian kepala menggunakan kerudung dan caping.  

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel