Tari Baris Tarian Tradisional Pulau Bali

Tari Baris Tarian Tradisional Pulau Bali - Tari Baris adalah tarian perang tradisional daerah Bali. Tarian ini menggambarkan keberanian ksatria Bali yang bertempur bagi raja Bali dan merupakan ritual keagamaan. 

Pertunjukan tari baris yang dramatis dari tari baris Gede yang ritualistik. Tarian dramatis tersebut diawali dengan pertunjukan tari tunggal yang menggambarkan kegagahan dalam pertempuran dan merupakan cikal bakal dari munculnya tari baris tunggal. 

Dibutuhkan latihan yang berat untuk dapat melakukanya, para penari harus mampu serta lentur guna menggambarkan keanggunan tarian ini.Baca Tari Pendet Pulau Bali.

Tari Baris Tarian Tradisional Pulau Bali

Sedangkan tari barisan yang terdiri dari pasukan ini tidak terlepas dari iringan gamelan Kebyar dan Gong Gede sehingga pertunjukan tari terkesan lebih meriah dan ketegasan gerak tarian.  

Properti tarian perang menggunakan tombak, pedang dan perisai disesuaikan dengan tari baris yang ditampilkan. Tarian dengan gerak kaki yang menghentak ini untuk menyambut para Dewa dan leluhur ke dunia. 

Jumlah penarinya terdiri dari 8 hingga 40 penari pria dengan busana para pejuang dilengkapi dengan ornamen pada bagian kepala, dada dan punggung. Busana yang digunakan antar daerah berbeda - beda sesuai dengan kelompok penari dari daerah masing- masing.

Dalam pertunjukan tari Baris para penari harus dapat mengeskpresikan keganasan dan kewaspadaan seorang pejuang perang yang menyatu antara iringan dan gerak tarian.

Semoga bermanfaat

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel