Tari Beripat Beregong Bangka Belitung Unjuk Kebolehan Memukul Lawan

Tari Beripat Beregong Bangka Belitung Unjuk Kebolehan Memukul Lawan - Tari Beripat  Beregong adalah sebuah pertunjukan tarian yang gerakan tarinya diambil dari gerakan olah raga bela diri dengan senjata rotan untuk sepasang pemain. Tari Beripat beregong berasal dari kata "gong" sebuah nama alat musik. 

Penari dalam pertunjukan Tarian Beripat Beregong ini para penari mengandalkan keahlian dalam memukul dan menangkis lawan dengan sabetan rotan. Jumlah sabetan ditubuh lawan atau penari menentukan kalah atau menang. 

Tari Beripat Beregong Bangka Belitung Unjuk Kebolehan Memukul Lawan


Para penari walau banyak luka tidak merasa dendam antara satu dengan lainya. Pertunjukan Tari daerah Bangka Belitung Beripat Beregong ini diawali dengan bunyi yang timbul dari alat musik dalam pertunjukan tari beregong yang dibunyikan secara serempak.

Musik iringan tarian tradisional yang mengisahkan kecantikan seorang gadis yang banyak diperebutkan oleh para pemuda yang berilmu tinggi tersebut diiringi alat musik seperti Gong, kelinang, tawak-tawak, gendang dan serunai.

Alat musik yang dipentaskan digunakan sebagai iringan kepiawaian para pemuda yang berilmu tinggi menunjukan keberanianya untuk menghadapi siapa saja, walaupun begitu tidak ada yang menang atau kalah.

Pertunjukan tarian ini terkadang dilakukan tujuh hari tujuh malam sesuai dengan penyelenggara karena dalam pertunjukan tari Beripat Beregong sangat membutuhkan biaya besar.

Demikian ulasan kesenin daerah Tari Beripat Beregong Bangka Belitung Unjuk Kebolehan Memukul Lawan. Dapatkan ulasan seni budaya daerah yang berasal dari Bang belitung dan berbagai jenis kesenian tradisional maupun modern dengan nilai keindahan, nilai budaya dan keunikan yang terkandung dengan mengakses Senibudayasia. 

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel