Tari Campak Ikon Kesenian Tradisional Bangka Belitung

Tari Campak Ikon Kesenian Tradisional Bangka Belitung - Tari Campak adalah sebuah tarian tradisional yang berasal dari Bangka Belitung dan tari ini sebagai ikon kesenian tradisional di Bangka Belitung. Tari ini dilakukan oleh pria dan wanita yang menggambarkan keceriaan para remaja. 

Menurut Sejarah yang ada tari Campak pada awalnya berasal dari Kepulauan Riau dan dikembangkan oleh seorang bernama Nek Campak di Bangka Belitung, sehingga tarian ini dikenal dengan tari Campak.

Tarian ini mengalami akulturasi budaya pada jaman penjajahan Portugis yang tercermin melalui gerak, musik iringan dan juga kostum yang cenderung bergaya Eropa. Sedangkan gaya Melayu sebagai ciri khas kedaerahan terlihat pada busana penari pria, alunan pantun serta beberapa musik iringan. Baca Tari Sepen Daerah Bangka Belitung.

Tari Campak Ikon Kesenian Tradisional Bangka Belitung

Tari Campak ini seiring perkembangan jaman kini ditampilkan untuk pesta adat serta penyambutan tamu dan upacara adat setempat. Pada zaman dulu tari ini ditampilkan waktu sepulang dari ume atau kebun waktu musim panen padi.

Pertunjukan tari Campak dilakukan secara berpasangan pria dan wanita dengan lincah dan ekspresif sesuai dengan musik pengiring. Ciri khas melayu dari tarian ini disela tarian penari pria dan wanita saling berbalas pantun. Pertunjukan tari Campak ini terkesan meriah sering kali penari mengajak penonton untuk menari. 

Iringan tari Campak adalah sebuah hasil dari akulturasi budaya. Alat musik yang digunakan antara lain: gong, gendang, biola dan akordion perpaduan alat musik dari dua negara yang dimainkan sesuai dengan gerak penari. 

Busana tari Campak adalah sebuah perpaduan budaya Melayu dan Eropa. Penari wanita dengan pakaian gaun panjang dan sepatu hak tinggi bergaya Eropa dan penari pria menggunakan kemeja, peci, celana panjang dan selendang gaya busana khas melayu. 

Seiring perkembangan tari Campak kini selain menjadi ikon kesenian tradisional Bangka Belitung juga ditampilkan dalam berbagai acara pesta rakyat dan upacara adat Serta penyambutan tamu.

Demikian ulasan seputar Tari Campak Ikon Kesenian Tradisional Bangka Belitung. Dapatkan pula berbagai ulasan karya seni budaya daerah yang berasal dari Bangka belitung dan ulasan kesenian tradisional yang terdapat didaerah lain di Indonesia dan seni budaya modern mancanegara dengan mengakses Senibudayasia. 

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel