Tari Sepen Tarian Daerah Bangka Belitung

Tari Sepen Tarian Daerah Bangka Belitung - Tari Sepen adalah tarian daerah tradisional yang berasal daerah Bangka Belitung dan merupakan tarian selamat datang. Tari ini kental dengan budaya melayu dari segi kostum atau iringan dan beberapa bagian gerakan tari. 

Kelincahan pada gerakan kaki dan tangan adalah gerak yang paling menonjol dari tari Sepen yang memiliki makna tersendiri. Tarian ini diselaraskan dengan musik tepuk tangan dengan alunan musik pengiring. Formasi tarian ini juga berpindah - pindah sehingga terkesan indah. 

Tari Sepen ini dimainkan oleh beberapa penari wanita secara berpasangan dan juga ditampilkan penari pria berpasangan dengan wanita dengan gerakan yang sama dengan ciri gerakan lincah dan dinamis. Terdapat beberapa para gerakan variasi yang dilakukan penari.

Tari Sepen Tarian Daerah Bangka Belitung

Iringan tari Sepen ini identik dengan iringan musik melayu dan kental dengan alunan musik tradisional Melayu. Alat musik yang digunakan untuk iringan tari ini disebutkan dari beberapa alat musik yang banyak antara lain rebana, biola, gendang dan akordion. Lagu yang dilantunkan adalah lagu khas masyarakat melayu Belitung. Baca Alat Musik Dambus Bangka Belitung.

Busana Tari Sepen adalah busana khas melayu. Penari wanita menggunakan baju lengan panjang, celana panjang serta kain penutup pinggang. Pada bagian kepala penari menggunakan kerudung tetapi ada pula yang tidak menggunakan. Warna busana penari adalah warna cerah. 

Tari Sepen kini ditampilkan dalam festival budaya atau penyambutan tamu kehormatan dan juga menjadi daya tarik para wisatawan. Tari Sepen adalah tarian daerah Bangka Belitung yang terkenal di Bangka Belitung.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel