Tari Liang Asak Daerah Jambi Dan Makna Gerakan Tarian

Tari Liang Asak Daerah Jambi Dan Makna Gerakan Tarian - Tari Liang Asak merupakan tarian tradisional yang berasal dari daerah Kabupaten Sarolangun provinsi Jambi. Tari ini dilakukan oleh para bujang gadis yang merupakan sebuah kebiasaan masyarakat pada saat menugal atau menanam padi. 

Pertunjukan tarian Liang asak bermakna menggambarkan menugal atau menanam padi. Liang asak adalah lubang - lubang kecil sebagai tempat menabur benih padi. Tari ini ditampilkan secara berpasangan putra dan putri. 

Jumlah penari Tari Liang asak adalah tiga hingga lima pasang penari dan gerakan tari yang terdapat pada tarian ini antara lain langkah tak jadi, zig-zag, stap, nyilau dan tudung awan. Baca Tari Rangguk tarian khas daerah Jambi.

Tari Liang Asak Daerah Jambi Dan Makna Gerakan Tarian-art
    Gerakan tarian ini menggambarkan penari pria menugal atau melubangi tanah dengan kayu dan penari wanita menaburkan benih dan sendau gurau pada saat menugal dan menanam padi bersama pasangan. 

    Busana yang digunakan penari berupa baju kurung serta kain sarung dan topi serta penutup kepala. Sedangkan para penari pria adalah menggunakan busana baju teluk blangan dan topi. 

    Pertunjukan tari liang asak menggunakan alat musik iringan seperti alat musik gendang, akordion, biola dan gong. Durasi pementasan tarian ini sekitar 5 menit.

    Semoga bermanfaat.

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel