Tari Merak Jawa Barat Karya Tjetjep Somantri Yang Paling Terkenal

Tari Merak Jawa Barat Karya Tjetjep Somantri Yang Paling Terkenal - Tari Merak adalah kesenian daerah yang berasal dari Pasundan Jawa Barat. Pertunjukan tari mereka ini menggambarkan gerakan burung merak oleh seniman Sunda Raden Tjetje Somantri. 

Menurut Sejarah Tari Merak diciptakan pada tahun 1950 an oleh seorang koreografer bernama Tjetjep Somantri. Tarian yang di ciptkan oleh Tjetjep Soemantri adalah sebuah implementasi kehidupan burung merak. Tari ini adalah salah satu tarian yang paling terkenal dari beberapa karya tari yang dia ciptakan.  

Gerakan burung yang diangkat menjadi sebuah karya tarian adalah burung merak jantan. Misalnya gerakan merak jantan untuk memikat merak betina dengan mengembangkan bulu ekornya yang tergambar secara jelas dalam gerakan tari merak. 

Tari Merak Jawa Barat Karya Tjetjep Somantri Yang Paling Terkenal

Kini tari merak daerah Jawa Barat telah mengalami perubahan pada gerakan. Oleh Dra. Irawati Durban Arjon tari merak dilakukan penambahan gerakan dari versi aslinya. Gerakan tari merak juga telah dikreasi kembali pada tahun 1995. 

Busana tari merak yang dipakai penari biasanya bermotif seperti bulu merak pada kain serta baju yang berwarna hijau, biru dan hitam. Sedangkan sepasang sayapnya melukiskan ekor burung merak. Mahkota yang dipakai penari juga lebih menambah kesan burung merak. 

Pertunjukan tari merak dilakukan secara bersama yang terdiri tiga penari atau lebih. Setiap penari berfungsi sebagai penari wanita dan pria. Iringan lagu tari merak berupa gending yaitu lagu macan ucul. Baca Tari Jaipong Jawa Barat.

Iringan dengan tarian saling terkait, misalnya pada saat bonang dipukul pada bagian kayu hingga terdengar keras bagian dari gerakan sepasang merak yang bermesraan. Sedangkan gerak yang anggun dan mempesona tergambar pada gerak tari Merak yang penuh keceriaan. 

Selain sebagai hiburan tari ini digunakan untuk menyambut pengantin pria pada pesta perkawinan dan juga event budaya nasional maupun internasional sebagai ciri kedaerahan.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel