Tari Persembahan Tarian Daerah Rejang Lebong Provinsi Bengkulu

Tari Persembahan Tarian Daerah Rejang Lebong Provinsi Bengkulu - Tari Persembahan Benteng adalah sebuah pertunjukan tarian kreasi baru yang terinspirasi oleh tarian sakral Tari Kejei di tanah Rejang. Tarian Ini diciptakan oleh para ahli karena tanah Rejang tidak memiliki tari Penyambutan untuk upacara adat. 

Pertunjukan tari ini sedemikian rupa sejumlah lima penari atau lebih sesuai kebutuhan. Sedangkan tarian ini juga dapat dilakukan secara berpasangan dengan busana dan pakaian adat. Para penari membawa sekapur sirih sesuai dengan lantunan musik tradisional yang terdiri dari alat musik kolintang, gong, redap dan suling.

Tari Persembahan Tarian Daerah Rejang Lebong Provinsi Bengkulu
    Tari Persembahan pada zaman dulu digunakan untuk penyambutan raja atau Pangeran. Kini tari Persembahan digunakan untuk menghormati para tamu yang berkunjung ke daerah Bengkulu. 

    Selain untuk menghormati para tamu besar yang berkunjung ke Bengkulu tari ini juga digunakan untuk acara hajatan adat seperti pernikahan yang terkesan lebih sakral. Tari Penyambutan yang ada di daerah Rejang Lebong beragam dan yang paling sakral adalah tari Kejei. Baca Tari Lanan Belek Tarian Tradisional Bengkulu.

    Demikian ulasan seni Tari Persembahan Tarian Daerah Rejang Lebong Provinsi Bengkulu. Dapatkan pula ulasan berbagai jenis kesenian yang berasal dari Bengkulu dan seputar keunikan seni budaya baik tradisional maupun modern Indonesia dan seni budaya mancanegara dengan mengakses Senibudayasia. 

    Semoga bermanfaat.

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel