Tari Lanan Belek Tarian Tradisional Bengkulu

Tari Lanan Belek Tarian Tradisional Bengkulu - Tari Lanan Belek merupakan tarian tradisional yang berasal dari Bengkulu. Tari tradisional memiliki berbagai ragam jenis tarian tradisional beragam pula makna dan fungsinya. 

Berikut ini adalah tarian Lanan Belek yang terinspirasi oleh cerita rakyat setempat tentang seorang bidadari yang tinggal dibumi karena selendang bidadari tersebut hilang diambil oleh pemuda. Baca Tari Persembahan Rejang Lebong Bengkulu.

Kisah tersebut seperti kisah Jaka tarub yang pada waktu itu bidadari sedang mandi turun dari langit bersama teman - temanya dan harus tinggal dibumi karena selendang untuk terbangnya hilang dicuri seorang pemuda dan akhirnya pemuda tersebut hidup bersamanya. 

Tari Lanan Belek Tarian Tradisional Bengkulu
    Selendang yang sedang dicari oleh bidadari tersebut selama tinggal bersama pemuda itu akhirnya ditemukan dan bidadari meninggalkan pemuda itu terbang kembali ke khayangan. 

    Pertunjukan tarian Lanan belek tersebut menggambarkan serupa dengan cerita Jaka Belek tetapi dalam tarian ini penari menggunakan pakaian adat khas Bengkulu berbahan beludru. Baca Tarian Sakral Tari Kejei Bengkulu.

    Semoga bermanfaat.

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel