Pengertian / Definisi Birama Beserta Contohnya

Pengertian / Definisi Birama Beserta Contohnya  - Birama, dalam partitur lagu terdapat tanda birama yang menunjukan jumlah ketukan dalam satu ruas birama. Satu ruas birama ditunjukan dengan batas garis vertikal atau disebut dengan garis birama. 

Birama terdapat dalam musik diatonis dan tidak terdapat pada pada musik pentatonis. Tekanan suara pada tiap birama ini disebut dengan arsis dan aksen.

Arsis adalah birama ringan.
Aksen adalah birama berat.

Pengertian / Definisi Birama Beserta Contohnya

Birama yang digunakan dalam partitur lagu (not lagu) terdapat beberapa macam, antara lain: 2/4, 3/4, 4/4, dan 6/8.

Birama 2/4 Artinya setiap birama terdiri dari dua ketukan dan masing - masing ketukan bernilai 1/4. Contoh lagu dengan berbirama 2/4 antara lain: 
Birama 3/4 artinya setiap birama terdiri dari tiga ketukan masih ketukan bernilai 1/4. Contoh lagu berbirama 3/4 antara lain: 
Birama 4/4 artinya Setiap birama terdiri dari 4 ketukan masing - masing ketukan bernilai 1/4. Contoh lagu berbirama 4/4 antara lain: 
Birama 6/8 artinya setiap birama terdiri dari 6 ketukan masing - masing ketukan bernilai 1/8.

Demikian ulasan Pengertian / Definisi Birama Beserta Contohnya. Dapatkan ulasan lainya seputar teori seni musik dasar dan berbagai jenis ulasan seputar nilai yang terkandung pada seni budaya daerah tradisional maupun modern baik yang berkembang di Indonesia maupun mancanegara dengan mengakses Senibudayasia. 

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel