Alat Musik Petik Harpa (Ciri Alat Musik, Tiga Bagian Alat Musik Harpa)

Alat Musik Petik Harpa (Ciri alat Musik, Tiga Bagian Alat Musik Harpa) - Alat Musik Harpa adalah Jenis alat musik petik yang diilustrikan dengan bersama para malaikat.Harpa dalam bahasa Inggris disebut dengan "harp". 

Ciri alat musik harpa memiliki senar atau dawai dan umumnya berwarna emas dengan ukuran dengan tinggi serta berbentuk segitiga. Ukuran harpa mencapai dua kaki atau 60 cm hingga 180 cm yang terdiri dari 22 sampai 47 buah senar. Ukuran harpa yang kecil dengan cara dipangku dan yang berukuran besar diletakan dilantai. 

Alat Musik Petik Harpa (Ciri alat Musik, Tiga Bagian Alat Musik Harpa)

Alat musik harpa banyak digunakan dalam orkestra simfoni yang disajikan bersamaan vokal juga alat musik flute, jazz bass dan drum. 

Cara membunyikan alat musik harpa dengan cara dipetik tangan serta kaki yang disebut pedal harp. Selain harpa dimainkan secara ansambel juga dapat dimainkan dengan secara solo. 

Harpa mempunyai keunikan dari bunyi yang dihasilkan serta ciri tersendiri dibanding dengan alat musik petik. Adapun jenis dan bentuk serta ukuran berat yang terbagi menjadi tiga bagian utama alat musik, yaitu: 

- Papan Suara (sound board)
- Leher (neck)
- Senar (String) 

Sedangkan bentuk triangular adalah bentuk harpa modern.

Semoga bermanfaat. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel