Alat Musik Tiup Dan Hisap Harmonika (Sejarah Dan Perkembangan Desain Alat)

Alat Musik Tiup Dan Hisap Harmonika (Sejarah Dan Perkembangan Desain Alat) - Alat musik Hamonika alat musik luar negeri yang cara membunyikanya dengan cara di tiup maupun dihisap dan menghasilkan suara yang menarik dan indah. 

Harmonika diperkirakan telah ada sejak kekaisaran Nyu-kwa 5000 tahun lalu sebagai alat musik tradisional china yang bernama "Sheng". 

Pada tahun 1821 harmonika modern ditemukan oleh Christian Friedrich Buschman. Alat musik tiup harmonika terdiri dari plat - plat getar yang terbuat dari logam dan tersusun sederhana dan merupakan sebuah instrumen tiup sederhana. 

Susunan plat tersebut disusun secara horizontal dan hanya menyediakan nada - nada kromatis yang kemudian desain tersebut ditiru menjadi alat musik yang lebih lengkap. 

Alat Musik Tiup Dan Hisap Harmonika (Sejarah Dan Perkembangan Desain Alat)

Desain awal harmonika modern salah satunya adalah harmonika buatan Richter yang kemudian dikembangkan dengan variasi sebanyak 10 lubang tetap pada tahun 1826. Sedangkan sebanyak 20 pelat getar untuk pelat yang ditiup dan dihisap dengan pemisahan fungsi plat. 

Nada yang dihasilkan oleh Richter dengan alat musik ciptaanya bernada diatonis yang digunakan sebagai nada standar harmonika. 

Pabrik pembuatan harmonika pun mulai dikembangkan oleh Johann Christian Sydel dan Christian August Seydel yang bertempat di Klingethal di bawah kaki gunung 'Aschberg' dan akhirnya mengukuhkan pabrikan harmonika di wilayah Saxony pada tahun 1847. 

Di Jerman pada tahun 1857 bernama Matthias Hohner sebagai produsen alat musik harmonika dengan 650 buah harmonika dan menjadi pabrikan harmonika nomor satu setelah memperkenalkan ke Amerika Utara pada tahun 1862. 

Pada tahun 1887 Per tahunnya Hohner memproduksi harmonika sebanyak satu juta dan sebanyak 90 model harmonika yang diciptakan oleh Hohner hingga sekarang yang berbeda - beda jenis, model dan nada untuk berbagai jenis gaya musik seperti: blues, rock, country, ska dan sebagainya.

Semoga bermanfaat. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel