Alat Musik Tertua Di Dunia Yang Ditemukan Pertama Kali

Alat Musik Tertua Di Dunia Yang Ditemukan Pertama Kali - Musik adalah seni paling tua dan instrumen musik yang pertama kali adalah suara manusia sekitar 40.000 tahun yang lalu dan setelah itu tercipta ribuan alat musik.

Alat musik yang diciptakan manusia pertama kali adalah musik perkusi kali ditemukan sekitar 165 ribu tahun yang lalu dan cara membunyikan yang beragam, seperti digoyang - goyang, digosok - gosok dan dipukul. 

Alat musik tersebut banyak terbuat dari batu, tumbuhan, tulang dilubangi atau dipahat sehingga menghasilkan nada tertentu dan terdengar enak pada masa itu dan mulai bermunculan alat - alat musik setelah bunyi - bunyian indah dapat dihasilkan dari barang - barang tertentu. 

Berikut ini alat musik yang dibuat oleh manusia pertama kali: 

  • Flute by Bob Flink
Flute by Bob Flink ditemukan di daerah barat laut Slovenia Ivan Turk pada tahun bulan Juli 1995, alat musik tersebut berupa tulang yang dipahat dan diberi nama seruling "Divje Babe" dengan sistem tangga nada diatonik yang terdiri dari 4 nada. 

Para peneliti usia alat musik tulang tersebut 67.000 tahun dan satu - satunya alat musik tertua dan alat musik ada pada budaya Neanderthal.

Alat Musik Tertua Di Dunia Yang Ditemukan Pertama Kali

  • Alat Musik Terompet Gading Mamoth
Alat Musik Terompet Gading Mamoth ditemukan oleh para Arkeolog Jerman dan telah berusia 43.400 tahun. Alat musik tersebut terbuat dari gading seekor mamoth yang berukuran  18,7 cm  dan terdiri dari 3 lubang jari di gua Geißenklösterle, di dalam gunung dekat Ulm di daerah selatan Jerman. 

Melodi yang dihasilkan dari alat musik tersebut beraneka ragam. Bentuk alat musik tersebut lekukan gading mamut yang dibelah dan dibuat semacam lubang pada bagian tertentu, diikat dan ditempelkan bersama dalam "lapisan" kedap udara (selain lubang untuk jari) yang sempurna.

  • Genderang Dari Kulit Gajah
Genderang Dari Kulit Gajah termasuk alat musik pertama kali yang diciptakan manusia sekitar 30.000 tahun yang lalu. Alat musik tersebut terbuat dari kulit gajah yang diawetkan. 

  • Seruling Bambu
Seruling Bambu atau Pan Pipes hingga kini masih ada alat musik tiup tertua dan diperkirakan berusia sekitar sekitar 30.000 tahun yang terbuat dari bahan bambu atau rotan. Baca Jenis Alat Musik Tertua Di Dunia.

Semoga bermanfaat.  

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel