Jenis Alat Musik Tertua Di Dunia

Jenis Alat Musik Tertua Di Dunia - Jenis alat musik tertua didunia adalah jenis alat musik perkusi yang biasanya digunakan untuk mengatur tempo sebuah lagu, jenis alat musik perkusi mempunyai peranan yang sangat vital dan menarik perhatian. 

Cara membunyikan alat musik tersebut dengan cara dipukul dengan stik dan bunyi yang dihasilkan atraktif dan menggelegar. 

Alat musik sejenis genderang tersebut pada zaman peradaban terbuat dari batang kayu yang berongga dan ditutup dengan kulit reptil pada bagian ujungnya dan cara membunyikanya dengan ditepuk. 

Untuk mengungkapkan kegembiraanya manusia tersebut memukul - mukul benda yang ada di sekitarnya atas kegembiraanya berhasil menangkap hewan buruan dan akhirnya mereka mulai paham sumber bunyi dan terciptalah alat musik perkusi tersebut. 

Seiring dengan berjalanya waktu dan perkembangan zaman alat musik tersebut menjadi bagian penting yang digunakan untuk hiburan yang diciptakan sendiri dan mengiringi pesta makan besar. 

Ditemukan alat musik drum yang terbuat dari kayu dan kulit binatang pada peradaban Mesir Kuno sekitar 4000 SM bersama dengan artefak khas Mesir Kuno. Alat musik tersebut cara membunyikanya dengan tongkat seperti menggunakan stik drum zaman sekarang. 

Kerangka Drum raksasa yang berusia sekitar 3.000 tahun lalu juga ditemukan di kalangan bangsa Sumeria Kuno dan Mesopotamia. 

Sedangkan pada 2.000 SM di Afrika dan Yunani ditemukan bukti sejarah yang juga berupa drum yang kerangkanya sama dengan yang ditemukan di Mesir Kuno. Drum sejenis drum pasir bersamaan pada tahun itu di Candi India tertua bernama Bharhut. Pada waktu bersamaan di Romawi juga ditemukan tambur pengobar semangat pasukan perang dinegaranya. 

Semoga bermanfaat.  

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel