Merancang Teater Kreatif Dengan Menyusun Staf Produksi Dan Perencanaan

Merancang Teater Kreatif Dengan Menyusun Staf Produksi Dan Perencanaan - Menyusun staf produksi diantaranya pengaturan panggung, desainer panggung serta teknisi suara (sound system). Agar masing - masing dapat bekerja dengan maka disusun sedemikian rupa dan bekerja sama. 

Keberhasilan teater disusun seperti yang telah dijelaskan diatas khususnya untuk teater kreatif yang mengolah dari unsur teater daerah setempat, nusantara dan mancanegara. 

Membuat Perencanaan Teater Kreatif

Apa saja perencanaan dalam pertunjukan kreatif, yaitu sebagai berikut :
  • Setting
  • Kostum
  • Tata rias
  • Tata suara
  • Tata cahaya

Merancang Teater Kreatif Dengan Menyusun Staf Produksi Dan Perencanaan


a. Setting
Latar belakang atau tempat pertunjukan disebut juga setting. Contoh penataan setting, misalnya menata ruangan atau tempat pertunjukan dan komposisi pentas. 

Teknik komposisi pentas yang menjadi pedoman - pedoman adalah sebagai berikut: 

a. Penyesusian dengan daerah permainan
b. Agar memperoleh gambaran yang indah ciptakan tata letak bahan - bahanya. 
c. Menguasai penonton dengan cara pengaturan
d. Lokasi permainan yang jelas

b. Kostum
Kostum dalam pertunjukan tari teater ini adalah segala perlengkapan pakaian yang merupakan unsur pendukung keberhasilan pementasan, sehingga direncanakan sedemikian rupa. Kostuk yang dikenakan dalam pentas, yaitu sebagai berikut: 

a. Pakaian dasar, misalnya: rok, korset, petikut, stagen dan sebagainya yang merupakan pakaian yang kelihatan dan tidak kelihatan. 
b. Pakaian kaki atau sepatu yang berpengaruh kepada penonton ketika bergerak atau berjalan. 
c. Pakaian yang kelihatan oleh penonton atau pakaian tubuh.
d. Dandanan rambut atau pakaian bagian kepala. 
e. Aksesoris atau efek dekorati, karakter atau tujuan lain, misa: kaos tangan, kaos kaki, dompet, hiasan permata dan sebagainya. 

c. Tata rias sangat membantu perwujudan tokoh seperti naskah drama, misal: tokoh muda menjadi seorang ibu tua, dengan bantuan tata rias atau membentuk karakter tokoh. 

d. Tata suara atau tata bunyi
Bersangkutan dengan audio atau pendengaran sehari - hari, sedangkan audio dalam pertunjukan teater untuk menghidupkan suasana dengan sumber alat musik atau suara manusia. Jika diisi dengan suara manusia maka membutuhkan orang yang ahli dalam bidang tersebut. 

e. Tata Cahaya
Tata cahaya membantu lakon yang dimainkan pada bagian tertentu. Tata cahaya juga disebut 'lighting' yang berguna memperkuat karakter tokoh, Tata cahaya membantu suasana dalam mewujudkan suasana, misalnya : siang, sore, pagi dan sebagainya, sehingga lighting perlu direncanakan sedemikian rupa. 

Semoga bermanfaat.  

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel