Tarian Filipina Dan Malaysia (Jenis Tarian Rakyat Malaysia) Seni Tari Mancanegara Di Asia

Tarian Filipina Dan Malaysia (Jenis Tarian Rakyat Malaysia) Seni Tari Mancanegara Di Asia - Berikut ini seperti yang terlihat pada gambar tarian tradisional Tinikling salah satunya tarian yang berasal dari Filipina. 

Pertunjukan tarian tinikling diawali dua orang penari dengan membawa kayu panjang kemudian muncul penari dengan berpakaian tradisional Filipina berwarna merah hijau untuk laki - laki dan wanita berwarna merah. 

Kedua wanita berpakaian tradisional tersebut meloncat - loncat dan tangan bertolak pinggang, sesaat kemudian sepasang penari bergabung menari bersama penari sebelumnya. Baca Keunikan Tari Sumpit Cina.

Tarian Filipina Dan Malaysia (Jenis Tarian Rakyat Malaysia) Seni Tari Mancanegara Di Asia

Di Indonesia tari tinikling pernah dipertunjukan di The Philipine Food, Art and Culture di Sriwedari Garden Restaurant, Hotel Hilton Jakarta

Tarian Di Malaysia

Sebagian besar masyarakat Malaysia tertarik dengan cabang kesenian yang terdapat di daerahnya karya seni tersebut salah satunya adalah seni tari. Sabah Malaysia mempunyai kekayaan tari modern maupun ritual tradisional yang unik serta khas. 

Tarian di Sabah yang paling dikenal adalah : 

  • Tari Sumazau
Tarian Sumazau adalah tarian tradisi kaum kadazandusun dan merupakan tarian yang sangat dikenal di Sabah Malaysia. Tarian Sumazau digunakan untuk berbagai kepentingan, contohnya: 

- menanamn dan menuai padi
- menolak bala
- membangkitkan semangat
- dipercaya mampu mengobati penyakit

Tarian Filipina Dan Malaysia (Jenis Tarian Rakyat Malaysia) Seni Tari Mancanegara Di Asia

Gerakan tari Sumazau cenderung lemah dan lembut dan lambat. Sepasang penari berhadapan dan menggerakan langkah kecil kaki mereka dan gerakan tumit yang naik turun mengikuti irama lagu dan tangan dikepakkan keluar. Tarian Sumazau ditampilkan untuk kepentingan perayaan hari besar atau acara tertentu. 

  • Tarian Limbai
Tari limbai dipentaskan untuk menyambut pengantin laki - laki dan diarak kerumah ke rumah pengantin wanita, tari limbai adalah tarian  asli masyarakat suku Bajau.

Tarian Filipina Dan Malaysia (Jenis Tarian Rakyat Malaysia) Seni Tari Mancanegara Di Asia

Tari Limbai mengiringi rombongan pengantin ke rumah dengan melambaikan selendang lambang ucapan selamat datang dan sebagai lambang mengundang. 

  • Tari Sumayau
Tarian asli khas daerah Tuaran, dan juga disebut tarian Madsayau yang dipentaskan untuk menyambut hari Mangaji atau Mengahau.

Tarian Sumayau dipimpin wanita yang lanjut usia yang memiliki berbagai pengetahuan dalam upacara tertentu dan berasal dari keturunan Monolian.

Upacara Mangahau diadakan selama lima hari lima malam  yang bertujuan untuk menghormati gusi - gusi serta berfungsi untuk menghormati keluarga yang telah meninggal, misalnya yang lazim dilakukan oleh masyarakat Melayu kenduri arwah.

Gerak tarian sederhana gerak kaki lebih lambat dibanding gerakan tangan, dan bertambah lincah setelah mendapat tepukan tangan para penonton. 

  • Tari Magunatip
Tari ini berasal dari kata 'apit' bermakna terjepit yang merupakan tarian masyarakat suku Kuhijau (Kwijau). Maksud terjepit adalah gerakan kaki penari yang bisa terjepit kalau tidak segera menghindar oleh dua batang kayu. 


Bunyi kayu tersebut sekaligus sebagai irama musik yang menarik dan tidak, sehingga tidak ada iringan alat musik dan hanya bunyi kayu yang berirama, tarian ini bertujuan untuk memeriahkan sesuatu upacara. 

  • Tari Adai - adai
Tari adai - adai adalah nyanyian yang digunakan sebagai pada saat pantun dinyanyikan, disajikan untuk  pesta suka ria dan tidak menggunakan iringan alat musik ketika menyanyikan. Tarian ini merupakan tarian masyarakat Berunai di wilayah Weston, Sabah. 

  • Tari Daling - Daling
Tarin ini dibawa ke Mindanau oleh orang - orang suluk, masyarakat Bajau dan suluk berkaitan erat, sehingga tari Daling - daling adalah milik masyarakat Bajau yang menetap di Semporna.

Tarian Filipina Dan Malaysia (Jenis Tarian Rakyat Malaysia) Seni Tari Mancanegara Di Asia

Tarian daling - daling biasa digelar sebagai hiburan semata yang sifatnya berbalas pantun, daling berasal dari kata "darling" yang berarti kekasih, dan masih banyak lagi contoh tarian Malaysia lainya.
Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel