Tarian Di Jepang Matsuri Dan Jenis Taiko

Tarian Di Jepang Matsuri Dan Jenis Taiko - Membahas kesenian Jepang tidak tidak lepas dari alat musik Taiko alat musik khas Jepang sejenis bedug yang menyertai iringan tari di negara Jepang. 

Awal mula Taiko terbuat dari gelondong kayu utuh, kalau di Indonesia seperti pembuatan alat musik bedug. Gelondong kayu yang tumbuh di Jepang akhirnya berkurang, sehingga pembuatan Taiko dari gelondongpun juga berkurang dan penebangan kayu besar juga dihentikan, kian kini pembuatan Taiko  terbuat dengan kayu sambungan.

Taiko memang identik dengan kesenian Jepang, bagi mereka yang terbiasa mengapresiasi karya seni mancanegara maka sekilas melihat Taiko saja mereka mengetahui Taiko adalah alat musik yang berasal dari Jepang.

Tarian Di Jepang Matsuri Dan Jenis Taiko

Pertunjukan festival taiko disebut dengan matsuri para pemain taiko selain menabuh alat musik tersebut juga menari. Baca Ragam Keunikan Tari Negara Jepang.

Berikut Jenis - Jenis Taiko
  • Taiko Nagado- daiko diletakan diatas penyangga dan mempunyai ukuran besar, warna bunyi seperti bedug.  
  • O-daiko, berukuran besar dari nagado-daiko tinggi dua kali ukuran manusia biasa.  
  • Okedo-daiko, diletakan secara berdiri seperti ketipung atau bongo, taiko jenis ini berukuran tambur yang cara memukulnya dengan bambu tipis berbunyi..shet...shet... 
  • Tsukeshime-daiko cara membunyikan seperti main drumband ditabuh sambil berjalan dan menari. Ukuran taiko jenis ini berukuran kecil. 
  • Uchiwa-daiko atau taiko kipas.  
  • Hira-daiko atau taiko datar.
Demikian ulasan seputar kesenian yang berasal dari negara jepang gerak tari matsuri dan Taiko serta jenis - jenis tari Taiko dan alat musik yang digunakan untuk pertunjukan tarian, semoga dapat menambah khasanah tentang senibudaya dari negara Jepang. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel