Seni Budaya Daerah Suku Ambon Maluku

Seni Budaya Daerah Suku Ambon Maluku - Ambon adalah nama salah satu suku terbesar di Indonesia, suku tersebut berada di kepulauan Maluku. Penamaan Maluku dirunut dari sejarahnya berasal dari bahasa Arab yaitu al-Muluk terkait dengan pembuat peta daerah Maluku oleh sarjana geografi Arab kala itu, dan dirubah menjadi Maluku setelah pemerintahan kolonial Belanda. 

Suku Ambon juga dikenal kebudayaanya yang eksotis seperti ragam kesenian - kesenian tradisional yang memperkaya keunikan seni budaya Indonesia.

Seni Budaya Daerah Suku Ambon Maluku

Kebudayaan Tradisional Suku Ambon :


  • Rumah Adat 
Baileo adalah rumah adar suku Ambon yang digunakan untuk keperluan musyawarah dan upacara adat setempat dan dikenal dengan 'seniri negeri'. Rumah tersebut berupa rumah panggung yang dikelilingi serambi yang dari keselurahan konstruksinya dari rumbia mulai dari atap terbuat dari daun rumbia dan gaba - gaba yang terbuat dari tangkai rumbia. 

  • Pakaian Adat 
Jenis pakaian adat suku Ambon  berupa setelan jas merah dan hitam yang dikenakan pria. Sementara pakaian wanita menggunakan baju cele sejenis kebaya pendek berkanji yang disuji dan perhiasan anting, kalung dan cincin. Baca Tenun Kisar Di Maluku Barat Daya.

  • Tarian Tradisional
Tari tradisional suku Ambon yang terkenal adalah tari bambu gila atau buluh gila juga dikenal dengan bara suwen.  Adapun Tari tradisional Ambon selain bambu gila yaitu :  Katreji, Tari orlapei, Tari Poco-Poco, Tari sau reka- reka. Baca Macam - Macam Tari Tradisional Maluku.

Alat Musik Tradisional Ambon Maluku

- Alat musik Arababu
- Alat musik Hawaiian / Ukulele
- Alat musik Idiokordo
- Alat musik Rumba
- Alat musik Suling Melintang (Floit)
- Alat musik Tahuri / Korno
- Alat musik Tifa Totobuang
- Alat musik Bambu Hitada
- Alat musik Cikir
- Alat musik Leko Boko / Juk / Bijol

Demikian ulasan Seni Budaya Daerah Suku Ambon Maluku. Dapatkan ragam ulasan seputar kesenian yang berasal daru daerah Maluku dan berbagai ulasan jenis kesenian yang berasal dari berbagai daerah Indonesia beserta makna dan nilai budaya yang terkandung pada seni tradisional maupun seni budaya modern mancanegara dengan mengakses Senibudayasia. 

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel