Keunikan Beksan Tari Wireng Keraton Kasunanan Surakarta

Keunikan Beksan Tari Wireng Keraton Kasunanan Surakarta - Kesenian tari tradisional di Jawa Tengah sebagian besar diciptakan di lingkungan keraton Surakarta karena memang pada zaman tersebut banyak para pujangga juga empu - empu yang mahir dibidangnya mulai dari makna filosofis jawa juga ragam kesenian tradisi yang hingga kini tetap dijaga kelestarianya sebagai ikon dan identitas budaya keraton. 

Keunikan Beksan Tari Wireng Keraton Kasunanan Surakarta

Kesenian tari tradisi yang diciptakan dilingkungan keraton dengan berbagai ragam jenis yang sebagian besar digunakan untuk kepentingan ritual keraton.  

Keraton pada zaman dulu digunakan pusat pemerintahan tempat pemerintahan yang di bentengi oleh para prajurit keraton. 

Pada zaman  pemerintahan Prabu Amiluhur diciptakan seni tari prajurit keraton dikenal dengan wireng berasal dari kata  "Wira (perwira) dan Aeng " yang berarti  prajurit unggul atau linuwih dalam bahasa jawa (prajurit yang unggul). 

Wireng atau tarian diciptakan dengan tujuan agar putra Prabu Amiluhur  tangkas dalam olah keprajuritan dengan menggunakan alat berperang. 

Tujuan lain dari diciptakanya tarian Wireng tersebut digunakan sebagai penyemangat para prajurit yang terdiri dari 4 prajurit yang sedang berlatih, gagah perkasa dengan membawa tombak dan tamen yang mencerminkan tarian perang. Baca Tari Klasik Daerah Nusantara.

Pertunjukan Beksan Wireng 

Dalam pertunjukanya tarian wireng dibawakan secara berpasangan oleh dua orang penari pria dengan gerakan dan busana yang seragam atau kembar dan tidak terdapat cerita tertentu tetapi tarian ini menggunakan dialog atau dalam bahasa jawa disebut dengan ontowecono. 

Tarian tersebut menggambarkan oleh keprajuritan dan tanpa perang tanding tetapi tidak ada yang kalah dan menang. 

Iringan Tari : 
- gendung sampak (srepeg ) iramanya/temponya kendho/kenceng.

Gending Ladrang yang diteruskan ke gending Ketawang.

Demikian ulasan artikel keunikan beksan tari wireng yang berasal dari keraton Surakarta. Karya seni keraton yang mengandung makna tertentu yang dipentaskan pada upacara - upacara keraton. Semoga dapat menambah pengetahuan tentang kesenian tari yang berasal dari keraton Surakarta. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel