Keunikan Ragam Hias Seni Ornamen Dan Contoh Jenis Motif Ragam Hias

Keunikan Ragam Hias Seni Ornamen Dan Contoh Jenis Motif Ragam Hias - Ragam hias adalah karya seni rupa yang dapat dinikmati secara visual atau penglihatan. Ragam hias juga disebut dan dikenal sebagai karya seni ornamen. Karya seni ornamen dapat kita jumpai di wilayah nusantara dengan berbagai ragam bentuk dan masing - masing mempunyai ciri tersendiri, sungguh sebuah aset yang tidak ternilai. 

Keunikan Ragam Hias Seni Ornamen Dan Contoh Jenis Motif Ragam Hias

Ragam hias daerah nusantara biasanya berupa motif - motif alam misalnya: flora, fauna, geometris poligonal dan ragam hias figuratif. 

Motif ragam hias tercipta dan mempunyai makna tertentu dari setiap daerah seperti yang terdapat pada motif batik dan motif - motif yang terdapat pada karya seni ragam hias. 

  • Flora 
Ragam hias flora adalah objek karya seni berupa flora, ragam hias jenis flora hampir terdapat di seluruh daerah nusantara dan dapat dijumpai pada barang seni, contohnya : bordir, tenun, ukiran dan batik. Bentuk motifnya berupa akar, daun, bunga, tunas, biji, pohon, buah, ranting dan sebagainya. 

  • Fauna 
Ragam hias fauna berupa objek hewan sebagian ragam hiasnya, teknik yang digunakan dalam pembuatan ornamen adalah stilasi tidak menggambarkan objek fauna secara detail tetapi sekilas dapat dikenali bentuk dan jenisnya yang dikombinasi dengan bentuk motif lain. 

Contoh ragam hias fauna misalnya: singa, gajah, burung dan gajah. 

Penerapan ragam hias dengan objek fauna biasanya telah mengalami perubahan dan tidak meninggalkan bentuk awal, biasanya dikombinasi dengan motif flora. Ragam hias dengan motif tersebut dapat dijumpai pada karya seni, contohnya: anyaman, sulaman, tenun, ukiran, batik dan sebagainya. Sedangkan motif yang lebih spesifik asal daerah, contohnya Cendrawasih asal Papua, Gajah asal lampung dan komodo dari NTT. 

  • Geometris
Motif ragam hias geometris pengembangan dari bentuk geometris sesuai dengan imajinasi dan motif ini adalah motif paling awal. Motif geometris adalah pengembangan dari garis, titik, bidang sederhana hingga pola rumit. 

Motif serupa banyak tersebar di daerah -daerah Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan Papua. Contoh motif geometris memanfaatkan bentuk silindris, segitiga, segi empat, garis lurus dan bentuk sejenisnya. 

  • Poligonal 
Motif poligonal adalah ragam hias yang terbentuk dari susunan garis lurus dan terhubung dan menyatu dengan bentuk yang mempunyai batas dan sudut dalam bentuk datar, contohnya Triangle (segitiga), Tetragon (segi empat), Hexagon (segi enam), Pentagon (segi lima).

Keunikan dan fungsi dari ragam hias ini dapat digunakan sebagai petunjuk bagi para arkeolog. 

  • Figuratif
Ragam hias yang objeknya manusia dengan beberapa unsur terpisah, contohnya ragam hias Topeng. Ragam hias sejenis ini dapat dijumpai pada bahan kayu proses  dengan cara di gambar dan masih banyak lagi jenis motif ragam hias yang terdapat di daerah nusantara. 

Demikian Keunikan Ragam Hias Seni Ornamen Dan Contoh Jenis Motif Ragam Hias. Dapatkan ulasan ragam jenis seni ornamen lainya dan ulasan jenis kesenian daerah yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia beserta makna dan nilai yang terkandung pada karya seni daerah Indonesia juga ulasan seni budaya mancanegara dengan mengakses Senibudayasia. 

Semoga bermanfaat. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel