Nilai Keindahan Ornamen Busana Adat Alas

Nilai Keindahan Ornamen Busana Adat Alas -  Aceh khususnya suku Alas kaya dengan kebudayaan kesenian unik dan beragam, seperti dalam hal tarian tradisional, seni kriya, adapun motif mesikhat yang paling terkenal, dan sebagainya. Selain kesenian tersebut adalah seni terapan berupa pakaian adat Alas yang mempunyai nilai keindahan tersendiri. Baca Budaya Kesenian Adat Tradisional Aceh Tenggara Suku Alas.

Nilai Keindahan Ornamen Busana Adat Alas

Pakaian adat suku Alas adalah kebanggaan dari masyarakatnya dan biasa dipakai dalam berbagai keperluan, misalnya: hajatan pernikahan, khitanan dan hajatan sejenisnya, begitu juga dalam menyambut tamu besar lainya. Baca Makna Warna Ornamen Dalam Kehidupan Adat Alas.

Keindahan pakaian terdapat berbagai corak dan motif yang beranekaragam bentuk. Contoh ornamen pakaian adat tersebut, adalah sebagai berikut :
  • Bekhangkat 
  • Pucuk Khebung 
  • Tampuk Nggete 
  • Mate Baning 
  • Bunge Ketile
Demikian seputar ulasan Nilai Keindahan Ornamen Busana Adat Alas. Dapatkan ulasan karya seni budaya daerah adat alas dan seni budaya tradisional maupun modern yang berkembang diberbagai daerah di Indonesia juga seni budaya mancanegara dengan mengakses Senibudayasia.

Semoga bermanfaat. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel