Motif Batik Rencong Ragam Hias Khas Daerah Aceh

Motif Batik Rencong Ragam Hias Khas Daerah Aceh  - Karya seni kerajinan batik adalah karya para leluhur yang terdapat disetiap daerah di Indonesia. Karya yang dihasilkan memiliki berbagai makna yang mendalam sesuai dengan kehidupan masyarakat setempat. 

Motif Batik Rencong Ragam Hias Khas Daerah Aceh

Karya yang dihasilkan oleh masyarakat Aceh berkaitan erat antara karya seni yang satu dengan yang lainya, misalkan karya batik tolak angin yang berkaitan dengan jumlah ventilasi rumah adat Aceh. Motif batik Pintu Aceh berkaitan dengan pintu rumah adat Aceh dan sebagainya. 

Karya yang batik yang dihasilkan oleh para pengrajin di daerah Aceh sangat beragam dan unik. Seperti Motif batik Rencong, Rencong adalah senjata tradisional khas Aceh yang pada zaman dahulu digunakan untuk melawan para penjajah atau perang kemerdekaan RI. 

Masyarakat Aceh mempercayai bentuk senjata rencong adalah sebuah representasi dari bacaan basmallah atau bismillah. Rencong adalah sebuah senjata tajam mirip belati, pedang atau pisau. 

Motif batik Rencong diciptakan dengan ciri motif sesuai dengan budaya khas Aceh yaitu dengan menggunakan warna yang cerah. Kain batik dengan motif rencong tersebut digunakan untuk kegiatan formal dan non formal. Hingga kini motif tersebut tetap dilestarikan bahkan dan dipakai juga sebagai pengenalan karya seni budaya daerah Aceh. 

Demikian ulasan Motif Batik Rencong Ragam Hias Khas Daerah Aceh. Dapatkan ulasan seputar jenis karya seni daerah yang berasal dari Aceh dan ulasan seni budaya tradisional dan modern yang berkembang di Indonesia dan mancanegara dengan mengakses Senibudayasia.

Semoga bermanfaat. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel