Motif Batik Bertema Alam Aceh Bungong Jeumpa Aceh

Motif Batik Bertema Alam Aceh Bungong Jeumpa Aceh - Di Aceh banyak terdapat karya seni yang dinamai Bungong Jeumpa. Bungong Jeumpa terkenal dengan lirik lagu daerah Aceh ada juga tari Bungong jeumpa. Bungong Jeumpa dalam bahasa setempat artinya bunga cempaka atau kantil yang merupakan tumbuhan kebanggaan masyarakat Aceh. Keberadaan bunga tersebut berpengaruh pada kebudayaan Aceh yang bernilai estetika /keindahan seperti pada ukiran bangunan.
Motif Batik Bertema Alam Aceh Bungong Jeumpa Aceh
Tumbuhan Jeumpa di Aceh zaman dahulu tumbuh subur dengan sendiri tanpa di tanam atau tumbuhan endemik. Bunga yang cukup banyak dan harum khas Aceh dengan pohon yang tinggi besar. Tetapi sekarang pohon ini termasuk tumbuhan langka dan sulit ditemukan.

Nilai keindahan pada Bungong Jeumpa juga tercermin pada karya kerajinan batik Aceh. Motif alam tumbuhan Jeumpa sangat digemari oleh para pecinta motif batik dan pecinta mode. Motif batik Bungong Jeumpa melambangkan keindahan alam Aceh.

Pembuatan ragam hias atau motif batik Bungong Jeumpa dibuat sedemikian rupa dengan berbagai perpaduan unsur warna sesuai dengan warna - warna batik khas dari daerah Aceh yang cerah dengan motif unik dengan tema alam. Baca Pembuatan seni kriya batik.

Pada perkembanganya batik yang berasal dari Aceh kini dapat ditemui diberbagai toko souvenir di daerah Aceh.

Demikian ulasan seputar karya seni batik Aceh Motif Batik Bertema Alam Aceh Bungong Jeumpa Aceh. Dapatkan ulasan seputar seni budaya Aceh dan karya seni budaya daerah tradisional dan seni modern baik seni budaya Indonesia dan mancanegara dengan mengakses Senibudayasia.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel